Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Learning Community Di Kelas V MIN 2 Kota Pariaman

Mimi Suryani, - (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Learning Community Di Kelas V MIN 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)

Abstract

Mimi Suryani Nomor NIM. 14140704556 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Learning Community Dikelas V MIN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 2 Kota Pariaman, dalam pembelajaran IPS peserta didik masih kurang memahami materi bahkan peserta didik kurang antusia dalam proses pembelajaran. Adapun dalam kegiatan Oral Achtivities (lisan) peserta didik masih rendah, hal ini disebabkan pendidik kurang membiasakan peserta didik untuk mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran akibatnya peserta didik pasif dalam belajar. Selanjutnya guru tidak membiasakan peserta didik untuk bekerjasama dalam diskusi sehingga peserta didik tidak aktif dalam belajar. Kegiatan Mental Activities masih rendah hal ini terlihat ketika pendidik melontarkan pertanyaan tetapi hanya sedikit yang menjawab oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Learning Community di MIN 2 Kota Pariaman. Metode Learning Community adalah salah satu metode pembelajaran dimana peserta didik dikelompokkan yang anggotanya bersifat heterogen, dalam kelompoknya mereka saling membelajarkan yang cepat belajar membantu yang lambat belajar dan yang memiliki kemampuan tertentu di dorong untuk menularkan pada teman satu kelompoknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (claas roomresearch) penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara kerja sama dengan wali kelas. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang di peroleh hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, tes awal dan tes akhirpembelajaran. Dalam penelitian. Langkah-Langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yanitu 1) perencanaan pembelajaran, 2)pelaksanaan pembelajaran, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 2 Kota Pariaman terteliti yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian pada siklus l pertemuan 1 dan 2 aktivitas peserta didik dengan ratarata 55% dan 66% tergolong kedalam kategori kurang dan cukup, sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 aktivitas peseta didik mencapai rata-rata 74% dan 83% tergolong kedalam kategoti Baik dan sangat baik. Sedangkan tes yang di lakukan pada siklus 1 dengan rata-rata nilai peserta didik 62,9 dari 10 peserta didik kelas V hanya 3 orang yang mencapai ketuntasan 1 diantara nya mendapatkan nilai tertinggi yaitu 85 dan 7 peserta didik tidak mencapai ketuntasan dengan nilai terendah yaitu 45. Sedangkan tes akhir pada siklus ll nilai ketuntasan peserta didik mencapai 70%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan pemahaman peserta didik setelah proses pembelajaran berlangsung yang tergambar dari hasil tes peserta didik, dari 10 peserta didik kelas V 7 orang yang mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi yaitu 95, dan masih ada 3 peserta didik yang tidak tuntas dengan nilai di bawah KKM. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan metode Learning Community dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:30
Last Modified: 23 May 2019 15:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item