KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PARIAMAN

TIRGA ATMAJA, - (2018) KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER. PENGESAHAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
FULL.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kemampuan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pariaman Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman”, disusun oleh Tirga Atmaja NIM 1314010087 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih terdapat komunikasi yang kurang baik antara pimpinan sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dan juga keberadaan beberapa sarana dan prasarana untuk praktek penunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang, bagaimana tujuan pembelajaran itu tercapai kalau antara pimpinan sekolah dengan beberapa guru mata pelajaran adanya komunikasi yang tidak baik dan sarana pendukung tidak memadai. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik, bagaimana kemampuan kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi profesional, dan faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik, bagaimana kemampuan kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi profesional, dan faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Penelitian ini adalah dalam bentuk field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif. Yaitu memberikan gambaran secara terperinci terhadap permasalahan yang sesuai dengan fakta yang ada. Yang menjadi sumber datanya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan 3 orang Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 5 Pariaman Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Dalam pengumpulan data penulis melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang terkait dengan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan Kepala sekolah meningkatkan kineja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kompetensi Pedagogik dalam hal Pemahaman wawasan guru akan landasan dan filsafat pendidikan, guru memahami potensi dan keberagaman peserta didik, guru mampu mengembangkan kurikulum, guru mampu menyusun rencana dan strategi pembelajaran, guru mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dealogis dan interaktif, guru mampu melakukan evaluasi hasil belajar, guru mampu mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler ditingkatkan melalui penataran, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan kependidikan dan lokakarya. Selanjutnya setiap semester kepala sekolah melakukan Penilaian Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:26
Last Modified: 11 Sep 2019 01:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item