KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

ZAKIYATUL HAYYU, - (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
a. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (818kB)
[img] Text
b. BAB I.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text
b. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
b. BAB III.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text
b. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
b. BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
b. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text
c. SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam AlGhazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Indonesia” yang disusun oleh Zakiatul Hayyu, NIM. 1414010004, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Tahun 2018. Latar belakang dalam penelitian ini adalah pemikiran Imam Al-Ghazali sebagai filosof dan tokoh pendidikan Islam mengenai akhlak terdapat dalam Kitab Ihya Ulumiddin. Pentingnya pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali memiliki hubungan dengan pendidikan karakter di Indonesia. Bahwasanya implikasi dari pendidikan akhlak ini akan berpengaruh terhadap karakter seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pemikiran Imam AlGhazali tentang pendidikan akhlak terkait dengan pengertian, tujuan, materi, metode, etika pendidik dan etika peserta didik (2) relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah studi kepustakaan (library research) dalam bentuk penelitian studi tokoh. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi mencatat karya-karya yang dihasilkan sang tokoh. Sedangkan analisis data dalam studi tokoh ini dilakukan sejak awal penelitian dan pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu krediblitas, tranferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas data. Hasil penelitian mengenai konsep pendidikan akhlak menurut Imam AlGhazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter sebagai berikut: (1) dari segi pengertian, pendidikan akhlak merupakan usaha secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan dalam mendorong jiwa manusia untuk berakhlakul karimah, sehingga terbentuklah akhlakul karimah pada diri manusia tersebut. Pendidikan akhlak bertujuan untuk mencapai ridha Allah baik di dunia maupun di akhirat. Materi pendidikan akhlak dapat diklasifikasikan menjadi akhlak terhadap Allah, diri sendiri dan orang lain. Adapun metode yang dapat digunakan dalam pendidikan akhlak diantaranya metode ceramah, diskusi dan keteladanan. Dalam pendidikan akhlak juga memperhatikan etika seorang pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. (2) Penguatan Pendidikan Karakter terdapat dalam Perpres No.87 Tahun 2017 yang secara umum memiliki relevansi dengan masing-masing konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Namun, keduanya juga memiliki titik perbedaan dari segi sumber. Pendidikan Akhlak berlandaskan dari Al-Qur’an dan Sunnah, sedangkan pendidikan karakter di Indonesia berlandaskan pada Pancasila. Meskipun begitu, keduanya bermuara pada terbentuknya insan kamil. Kata Kunci: Akhlak, Imam Al-Ghazali, dan Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 17 Jun 2019 23:07
Last Modified: 17 Jun 2019 23:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item