Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Nuh A.S

RIDHA AFNI FADHILLAH, - (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Nuh A.S. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
a COVER PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
b BAB I.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text
b BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
b BAB III.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
b BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
b BAB V.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text
c DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text
SKRIPSI RIDA AFNI FADILLAH FULL.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Kisah Nabi Nuh A.S” disusun oleh Ridha Afni Fadhillah, NIM 1314010533. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2018 Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi Allah SWT menurunkan al-Qur’an sebagai pedoman bagi manusia, di dalamnya memuat lengkap tentang segala pengetahuan dan peraturan yang akan mengantarkan manusia kepada jalan keselamatan. Salah satu dari kandungan isi al-Qur’an memuat mengenai kisah Nabi Nuh A.S yang memuat suri tauladan dan mutiara hikmah. Nilai-nilai dari kisah Nuh A.S dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan. Kisah Nabi Nuh A.S dan kaumnya adalah merupakan ’ibrah buat kita semua, baik ia seorang pendidik dan peserta didik. Maka permasalahan yang penulis kemukakan adalah apa saja nilainilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah nabi Nuh A.S ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Sejarah Nabi Nuh A.S. 2) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Nuh A.S. 3) Strategi penerapan nilai pendidikan akhlak Nabi Nuh A.S pada lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research, yang fokus pada mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka dengan menggunakan metode tafsir Maudhu’i. Penulis menggunakan sumber data primer yaitu al-Qur’an dan terjemahan Agama RI dan sumber data sekunder dari buku-buku tafsir seperti tafsir al-Mishbah, tafsir al-Azhar, tafsir al-Maraghi dan lain sebagainya dan bukubuku pendidikan lainnya seperti buku Zakiah Daradjat Ilmu Pendidikan Islam, Samsul Munir Amin Ilmu Akhlak dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil bacaan, pemahaman, telaahan, dan analisis, serta pengolahan data dari berbagai sumber, maka diperoleh hasil bahwa : 1) Sejarah Nabi Nuh A.S. Nuh adalah generasi yang kesembilan dari anak cucu Adam A.S. Nabi Nuh A.S anak Lamik anak Mutawasylih anak Idris anak Yurdi anak Mahlayil anak Qainan anak Anusy anak Syits anak Adam A.S. Nabi Nuh adalah Rasul yang pertama yang langsung mendapat tugas dari Allah SWT untuk menyuruh umat manusia kepada akidah tauhid yang benar. Nabi Nuh A.S adalah termasuk salah satu diantara rasul-rasul yang ulul azmi yang mempunyai kesungguhan dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam cobaan. 2) Nilai-nilai pendidikan aklhak pada kisah Nabi Nu A.S. a) Nilai Keberanian (Syaja’ah) yaitu berani menyampaikan kebenaran dan berani menjadi suri tauladan, baik itu pendidik maupun peserta didik. b) Nilai Rela Berkorban (Mujahadah) yaitu rela berkorban dalam urusan pendidikan, baik itu pendidik maupun peserta didik. c) Nilai Kepercayaan (Amanah) yaitu amanah hamba terhadap Allah, amanah dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai pendidik dan peserta didik. 3) Strategi penerapan nilai pendidikan akhlak Nabi Nuh A.S pada lembaga pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter atau akhlak dalam pembelajaran berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 itu sejalan dengan nilai keberanian (syaja’ah), nilai rela berkorban (mujahadah) dan nilai kepercayaan (amanah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:22
Last Modified: 11 Sep 2019 01:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item