Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

HAMIDAH, - (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (259kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat”, disusun oleh Hamidah (PAI), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas IV di SDN 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat tahun pelajaran 2017/2018 terlihat dari 40 siswa pada kelas IV diketahui bahwa hanya 22 orang peserta didik yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 65. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya peserta didik yang tidak serius memperhatikan guru, meribut di kelas, berbicara dengan teman sebangku, keluar masuk kelas, menggangu teman belajar bahkan kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SDN 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PAI sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) kelas IV SDN 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SDN 13 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan metode one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 13 Lembah Melintang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah penelitian populasi yang diambil keseluruhan peserta didik kelas IV sebanyak 40 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar PAI kelas IV diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 71,8 dengan persentase ketuntasan 62,5 % sedangkan pada posttest nilai rata-rata sebesar 82 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Perubahan ini diperkuat lagi dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%., maka diperoleh 7,10 > 2,02269, berarti H 0 ditolak dan H diterima. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SD Negeri 13 Lembah Melintang kabupaten Pasaman Barat. a Kata Kunci: Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), hasil belajar, peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:06
Last Modified: 11 Sep 2019 01:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item