perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model think pair square dengan model konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII di MTsN 2 Kota Padang

RAHMI INDRI YASYA, - (2018) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model think pair square dengan model konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII di MTsN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
cover,persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text
Gabungan keseluruhan 1.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah ”Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Think Pair Square dengan Model Konvensional pada Mata Pelajaran SKI di Kelas VIII MTsN 2 Kota Padang,” ditulis oleh Rahmi Indri Yasya, NIM 1414010175. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Padang, tahun pelajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 77. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Model Think Pair Square pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk melihat gambaran hasil pre test siswa kelas kontrol di kelas VIII dalam mata pelajaran SKI. (2) Untuk melihat gambaran hasil pre test siswa kelas eksperimen di kelas VIII dalam mata pelajaran SKI. (3) Untuk melihat gambaran hasil post test siswa kelas kontrol di kelas VIII dalam mata pelajaran SKI.(4) Untuk melihat gambaran hasil post test siswa kelas eksperimen di kelas VIII dalam mata pelajaran SKI (5)Untuk melihat perbedaan hasil post test siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen kelas VIII pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Padang tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel. Kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.2 dan kelas eksperimen adalah kelas VIII.1. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik observasi. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan nilai hasil belajar dan teknik observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai pre test kelas eksperimen adalah 68,09 dan kelas kontrol adalah 67,16. Untuk perolehan rata-rata nilai post test hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 72,93 sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 79,80. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan bantuan SPSS diperoleh sig α = 0,029 < 0,05 hal ini berarti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:57
Last Modified: 11 Sep 2019 00:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item