Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo Kabupaten Agam

FANY ADE NOVITA, - (2018) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru PAI dalam penyusunan RPP KTSP belum sesuai dengan semestinya dimana metode dan strategi yang sama di setiap RPP sebelumnya, guru tidak menggunakan media dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu kesulitan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya sarana dan prasarana sekolah seperti buku paket dan alat penunjang belajar dan kurang semangatnya peserta didik dalam belajar dimana proses pembelajaran kurang aktif dan inovatif. Rumusan masalah penelitian adalah "Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo kabupaten Agam”, kemudian batasan masalahnya adalah, implementasi pembelajaran PAI dalam bentuk perencanaan, implementasi pembelajaran PAI dalam bentuk pelaksanaan, implementasi pembelajaran PAI dalam bentuk evaluasi, beserta faktor pendukung dan penghambat di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo Kabupaten Agam. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi Pembelajaran PAI dalam bentuk perencanaan, implementasi PAI dalam bentuk pelaksanaan, mengetahui implementasi Pembelajaran PAI dalam bentuk evaluasi, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskripif dan penelitian kualitatatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data melalui reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik dan teori. Hasil penelitian di lapangan tentang implementasi pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo Kabupaten Agam, meliputi: (1) tahap perencanaan pembelajaran guru PAI seperti RPP sudah dirancang tetapi masih ada kekurangan, diantaranya RPP tidak sesuai dengan RPP KTSP yang semestinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru PAI diantaranya kegiataan awal, kegiataan inti yang diawali menanyakan kehadiran, menyuruh peserta didik membuka buku pelajaran, dan kegiataan inti memberikan materi pembelajaran yang cukup baik, kekuranganya yaitu kurang bervariasi metode dan media, kegiataan penutup dengan menyimpulkan materi pelajaran dan memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran yaitu pretes, post tes, ulangan harian, praktek, serta ujian sekolah. Dan bentuk evaluasi pembelajaran yang idealnya ada empat, tapi dilakukan oleh guru PAI di SMA Negeri 1 IV Koto Tuo hanya dua yaitu evaluasi formatif dan sumatif. (4) Faktor pendukung meliputi guru, peserta didik, dan kondisi kelas. Faktor penghambat meliputi kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Kata Kunci: PAI,Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pendorong dan Penghamba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:50
Last Modified: 11 Sep 2019 00:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item