PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU GURU BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SOLOK

AULIA RIZKI MAULANI, - (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU GURU BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
full skripsi.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru Bidang Studi Akidah Akhlak di MAN 1 Solok” Oleh Aulia Rizki Maulani, NIM 1414010345, skripsi mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Imam Bonjol Padang pada Tahun 2018. Latar belakang penelitian ini dilakukan bahwa, adanya kelemahan dan kekurangan guru bidang studi Akidah Akhlak dalam proses mengajar yang membutuhkan pembinaan dan pengawasan dari kegiatan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh supervisor, agar dapat meningkatkan mutunya. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu guru bidang studi akidah akhlak di MAN 1 Solok, sedangkan batasan masalahnya adalah pertama, perencanaan supervisi akademik. Kedua, perlaksanaan supervisi akademik. Ketiga, faktor penghambat dan pendukung supervisi akademik dan Keempat, tindak lanjut supervisi akademik. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru bidang studi akidah akhlak di MAN 1 Solok, tujuan khususnya adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, faktor penghambat dan pendukung serta tindak lanjut dalam kegiatan supervisi akademik. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah sebagai masukan dan pertimbangan untuk meninjau kembali dan memperbaiki lembaganya dalam rangka usaha meningkatkan mutu guru Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala madrasah, supervisor dan guru bidang studi Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dengan subjek penelitian dan dokumentasi dari hasil observasi, sedangkan data sekunder adalah hasil wawancara dan dokumentasi yang mendukung data primer. Teknik analisis data menggunakan tringulasi sumber, yaitu dengan cara meminta informasi dari guru pada bidang studi yang lainnya sebagai pendukung hasil penelitian. Hasil penelitian ini menemukan empat temuan, sebagai berikut: 1).Kegiatan Supervisi Akademik di awali dengan Perencanaan, karena jika tidak adanya perencanaan maka supervisi tidak akan berjalan dengan baik. Perencanaan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu guru Akidah Akhlak di laksanakan melalui pertemuan dengan melibatkan guru untuk membuat rencana dan jadwal khusus untuk di laksanakannya supervisi akademik. 2). Pelaksanaan Supervisi Akademik dilaksanakan dengan kunjungan kelas oleh supervisor, pelaksanaan tersebut meliputi pemantauan, penilaian dan pembinaan terhadap guru. 3). Faktor penghambat terlaksananya kegiatan supervisi akademik kurangnya pengetahuan supervisor terhadap pelaksanaan supervisi disebabkan kurangnya pelatihan supervisi itu sendiri. Kemudian faktor pendukung merupakan adanya kebijakan khusus yang diambil oleh kepala madrasah menjadikan supervisi tetap berjalan dengan efektif. 4). Supervisor maupun kepala madrasah melaksanakan pembinaan sebagai bentuk tindak lanjut setelah dilakukannya kunjungan kelas, baik itu pertemuan individual, pertemuan kelompok, maupun kegiatan lain diluar sekolah yang dapat membantu guru dalam meningkatkan mutunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:00
Last Modified: 11 Sep 2019 00:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item