PELAKSANAAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SOLOK SELATAN

WEGI GUSTRI ANDRA, - (2018) PELAKSANAAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
a. cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text
b. BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
b. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
b. BAB III.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
b. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
b. BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text
c. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
d. full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Selatan.” Disusun oleh Wegi Gustri Andra, NIM 1414010449. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang tidak serius dalam diskusi, masih ada-nya peserta didik yang mengganggu teman-nya saat berlangsung diskusi dan masih ada-nya peserta didik yang belum berani mengeluarkan pendapat dan selama pembelajaran berlangsung siswa banyak kelihatan jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran Fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat dalam metode diskusi pada mata pelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Selatan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara langsung yang diajukan kepada guru bidang studi Fikih, Kepala Madrasah dan beberapa orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa perencanaan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih di kelas XI telah dibuat oleh guru mata pelajaran dan telah diterapkan dalam proses pembelajaran. Perencanaan itu berupa Rencana Program Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih sudah terlaksana cukup baik, peserta didik sudah berani bertanya, mengeluarkan pendapat dalam diskusi dan peserta didik saat proses pembelajaran sudah mulai aktif. Evaluasi yang dilakukan oleh guru Fikih dalam pelaksanaan metode diskusi yaitu evaluasi dalam bentuk tes seperti memberi pertanyaan diakhir diskusi, penugasan dalam bentuk resume, presentasi kelompok dan evaluasi sikap serta aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Fakor pendukung dalam pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih ini adalah pendidik yang membimbing peserta didik dalam menerapkan metode diskusi dan dari keaktifan peserta didik dalam diskusi dan dengan adanya pembentukan kelompok dalam pelaksanaan metode diskusi dapat mendorong siswa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Faktor penghambatnya adalah sebagian peserta tidak memperhatikan kelompok yang tampil mempersentasikan hasil diskusinya ataupun ketika pendidik menyampaikan materi pelajaran, peserta didik bergantian izin keluar saat diskusi berlangsung, masih adanya peserta didik yang malas dan kurang semangat dalam mengikuti diskusi, peserta didik yang aktif dan memberikan argumentasi hanya beberapa orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pendidikan Agama Islam pai
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:25
Last Modified: 10 Sep 2019 08:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item