DAMPAK SIKAP GURU MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MTsN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MULTIKULTURAL DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Martin, Kustati DAMPAK SIKAP GURU MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MTsN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MULTIKULTURAL DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM UIN Imam Bonjol Padang tahun 2017.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN DAMPAK SIKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Martin Kustati; Sermal; Winda Septia, ““Dampak Sikap Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris MTsN terhadap Hasil Belajar Peserta Didik yang Multikultural di Kabupaten Pasaman Barat””. Laporan Penelitian yang dibiayai oleh DIPA UIN Imam Bonjol Padan 2017. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya sikap dalam menanggapi perbedaan didalam proses pembelajaran bahasa Inggris sangat menentukan proses pelaksanaan dan keberhasilan guru dan peserta didik di dalam kelas. Dalam proses pengajaran Bahasa Inggris, sikap, masalah dan strategi yang dimiliki oleh guru bahasa Inggris diasumsikan merupakan sesuatu yang rumit dan menarik untuk diteliti karena pengajaran bahasa asing akan sangat dipengaruhi oleh ragam budaya yang dimiliki oleh para guru dan peserta didik yang juga memilik bahasa yang berbeda. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan dampak sikap guru mata pelajaran bahasa Inggris terhadap hasil belajar peserta didik yang multikultural di Pasaman Barat Barat; 2) Menggambarkan kendala apa yang dihadapi oleh para guru bahasa Inggris dalam melaksanakan proses pembelajaran Bahasa inggris di MTSN di Pasaman Barat; dan 3) Menggambarkan strategi yang dilakukan oleh para guru Bahasa Inggris dalam menghadapi masalah komunikasi dalam proses mengajar. Penelitian ini menggunakan metode ganda (mixed method), yaitu gabungan antara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Penarikan sampel untuk memperoleh data angket dan dokumen didasarkan pada teknik pengambilan Total Sampling yang melibatkan 27 responden yang terdiri dari 18 guru perempuan dan 9 guru laki-laki. Kemudian, tekhnik persampelan untuk mendapatkan data wawancara dengan Purposive Random yang melibatkan 12 orang guru bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap guru terhadap peserta didik yang multikultural ini berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Temuan penelitian yang kedua memperlihatkan bahwa kendala yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas multikultural berasal dari konten materi ajar bahasa Inggris, dari dalam diri peserta didik sendiri, dan dari respon lingkungan terhadap kondisi bahasa, sosial dan budaya peserta didik yang berbeda. Temuan penelitian yang ketiga adalah strategi dengan mengajarkan cara pengucapan yang benar, memotivasi untuk sering berbicara, mendengar dan membacakan teks, tidak membedakan peserta didik, memberikan pengertian, menggunakakan bahasa Indonesia, memberikan contoh pengucapan dan siswa mengulangi, video, gambar, audio (media), memberikan bimbingan, memberikan pengertian pentingnya bahasa Inggris, menanamkan tenggang rasa, dan memberikan pengertian akan pentingnya keragaman etnik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Repo
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:32
Last Modified: 25 Mar 2019 01:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item