Pelakasanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Ketauhidan Remaja Mu'alaf di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Lawas Padang

NILA, AMELIA (2018) Pelakasanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Ketauhidan Remaja Mu'alaf di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Lawas Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketauhidan pada remaja- remaja mu’alaf melalui layanan bimbingan kelompok di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Lawas Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan (action research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang memiliki 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 8 orang remaja mu’alaf yang ada di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai. Alat untuk mengumpulkan data yaitu laiseg dan lembar observasi. Hasil penelitian: Pelaksanaan ada beberapa tahap yaitu: pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Berdasarkan pengamatan terhadap peserta yang mendapatkan layanan pada siklus l hanya ada 4 orang yang aktif dalam kelompok, memberi tanggapan dan respon yang sesuai dengan meteri yang disampaikan. Sedangkan 4 orang lagi belum aktif dan masih belum bisa mengemukakan pendapat, sehingga perlu dilakukan siklus berikutnya. Pada siklus ll dilakukan perbaikan yaitu: membuat permainan kelompok, penyampaian materi dengan memberi contoh-contoh, dan menyuruh peserta langsung melihat dan memperhatikan lingkungan. Pada siklus ll pelaksanaan dilakukan dengan tahapan yang sama, disini peserta diajak untuk aktif dan mendiskusikan apa yang telah mereka perhatikan di luar. Berdasarkan pengamatan selama proses kegiatan peserta sudah aktif dan sudah cukup terlihat bahwa peserta telah dapat memahami materi yang diberikan. Hasil yang diperoleh dari dua siklus didapatkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelomppok efektif dilakukan meningkatkan ketauhidan remaja mu’alaf di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai efektif dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2019 15:28
Last Modified: 10 Aug 2019 15:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item