NILA, AMELIA (2018) Pelakasanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Ketauhidan Remaja Mu'alaf di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Lawas Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (72kB) |
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (500kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (Full Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketauhidan pada remaja- remaja mu’alaf melalui layanan bimbingan kelompok di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Lawas Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan (action research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang memiliki 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 8 orang remaja mu’alaf yang ada di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai. Alat untuk mengumpulkan data yaitu laiseg dan lembar observasi. Hasil penelitian: Pelaksanaan ada beberapa tahap yaitu: pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Berdasarkan pengamatan terhadap peserta yang mendapatkan layanan pada siklus l hanya ada 4 orang yang aktif dalam kelompok, memberi tanggapan dan respon yang sesuai dengan meteri yang disampaikan. Sedangkan 4 orang lagi belum aktif dan masih belum bisa mengemukakan pendapat, sehingga perlu dilakukan siklus berikutnya. Pada siklus ll dilakukan perbaikan yaitu: membuat permainan kelompok, penyampaian materi dengan memberi contoh-contoh, dan menyuruh peserta langsung melihat dan memperhatikan lingkungan. Pada siklus ll pelaksanaan dilakukan dengan tahapan yang sama, disini peserta diajak untuk aktif dan mendiskusikan apa yang telah mereka perhatikan di luar. Berdasarkan pengamatan selama proses kegiatan peserta sudah aktif dan sudah cukup terlihat bahwa peserta telah dapat memahami materi yang diberikan. Hasil yang diperoleh dari dua siklus didapatkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelomppok efektif dilakukan meningkatkan ketauhidan remaja mu’alaf di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai efektif dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 15:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 15:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2560 |
Actions (login required)
View Item |