Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas V SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang; jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Halimah Tusakdiah, Halimah (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas V SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang; jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
2 COVER oke.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I doc.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III doc.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV doc.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V doc.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3 DAFTAR PUSTAKA oke.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BIODATA Penulis)
BIODATA PENULIS.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (File Skripsi Gabungan)
2 COVER oke (18 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Halimah Tusakdiah, NIM: 412396; Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas V SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang; jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis argumentasi peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah. Dalam proses menulis banyak kesulitan yang ditemukan pendidik dan peserta didik. Proses pembelajaran pendidik masih konvensional, pendidik kurang memotivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis dan peserta didik juga mengalami kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan untuk ditulis dan tidak bisa mengembangkan kalimat menjadi paragraf. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis karangan argumentasipada peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang?. Dari permasalahan yang terdapat di atas maka penelitian ini dapat dibatasi dengan: Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Metode Peta Pikiran pada Peserta Didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah. Adapun untuk mengatasi masalah kemampuan menulis argumentasi peserta didik tersebut penulis menganggap metode Peta Pikiran cocok untuk peningkatan kemampuan menulis argumentasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam membuat kerangka karangan argumentasi pada tahap prapenulisan, mampu mengembangkan kalimat menjadi paragraf dan menulis karangan argumentasi yang baik dan benar pada tahap penulisan serta dapat menghasilkan karangan argumentasi yang bagus pada tahap pascapenulisan, dengan metode peta pikiran pada peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualittif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Posedur penelitian disusun meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan hasil pembelajaran menulis argumentasi pada tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari penilaian proses dan penilaian hasil yang telah dilakukan. Persentase keberhasilan aspek guru pada siklus I mencapai 79,54%, pada sisklus II meningkat menjadi 93,18%. Persentase keberhasilan aspek peserta didik pada siklus I mencapai 70,45%, pada siklus II meningkat mencapai 88,63%. Penilaian hasil diarahkan pada kemampuan menulis peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah kec. Kuranji Padang dengan rata-rata tes menulis argumentasi peserta didik pada siklus 1 mencapai 78,95% meningkat menjadi 88,76% pada siklus II; terdapat peningkatan sebesar 9,81%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis argumentasi dengan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi peserta didik kelas V SDN 30 Lubuk Lintah Kecamaatan Kuranji Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:03
Last Modified: 29 Aug 2018 07:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item