Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 10 PadangTahunAjaran 2017/2018

SYOFINAR, SYOFINAR (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 10 PadangTahunAjaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IMmam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER REVISI.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK VINA OKE (2).pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFYAT ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 REVISI.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 REVISI.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (File Gabungan skripsi)
Binder1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

ABSTRAK SYOFINAR : Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 10 PadangTahunAjaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 10 Padang. Terlihat dari hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 77. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Aktive Knowledge Sharing lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelasVIII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu(Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 10 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dari bulan Oktober sampai November 2017. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan ujinormalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogeny dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelasVIII-D dan kelas control adalah kelasVIII-F. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik pada kelas eksperimen 81,44 sedangkan kelas kontrol 71,92. Setelah dilakukan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t satu arah, diperolehttabel= 1,645 danthitung=3,609 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti thitung>ttabel menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya peserta didik dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih tinggi daripada dengan pembelajaran konvensional padakelas VIII SMPN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:05
Last Modified: 07 Aug 2018 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item