martinus, martinus (2018) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN I SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (kata persembahan)
1 persembahan 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text (kata pengantar)
2 kata pengantar.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text (bab 2)
5 bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text (bab 3)
6 bab 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text (bab 4)
7 BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text (bab 5)
8 BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text (daftar kepustakaan)
daftar kepustakaan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text (curiculum vitae)
11 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh MARTINUS, BP. 1314010677, yang berjudul “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN I Solok Selatan” Skripsi 2018. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan yang menggambarkan Kecerdasan Hati, yang berkaitan dengan pengendalian diri, motivasi diri, kedisiplinan diri, dan kepedulian yang membuat seseorang berhasil dalam kehidupannya. Pendidikan Islam memiliki peran yang sangat besar dalam menumbuhkan kecerdasan emosional. Dalam pengamatan yang dilakukan di MAN I Solok Selatan, terlihat masih banyaknya peserta didik yang belum terkendali emosinya serta kurangnya motivasi diri dalam belajar disamping itu juga terlihat peserta didik yang kurang disiplin dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya, hal itu dapat dilihat dari peserta didik yang suka mencemooh, yang malas-malasan, sering terlambat, dan suka membuang sampah sembarangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengendalian diri, motivasi diri, disiplin diri, dan kepedulian peserta didik di MAN I Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, guru bidang studi Akidah Akhlak, guru bidang studi al-Quran Hadis, guru bidang studi Ilmu Kalam dan guru bidang studi Fikih dan peserta didik MAN I Solok Selatan. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN I Solok Selatan sudah berperan dengan mempelajari pelajaran PAI yang ada dilakukan di MAN I Solok Selatan peserta didik telah mampu mngendalikan dirinya dalam pergaulan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Dalam memotivasi diri peserta didik materi pelajaran PAI yang diberikan telah mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan antusias dan bersemangat serta mampu menjadi acuan dalam mencapai tujuannya ke depan seperti kebahagian orang tua dan penanaman akidah yang kuat. Dalam meningkatkan kedisiplinan diri peserta didik materi PAI yang diajarkan telah membentuk kepribadian peserta didik yang selalu disiplin dan tepat waktu dalam belajar dan beribadah serta memanfaatkan waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat. Dalam meningkatkan kepedulian peserta didik materi PAI yang diajarkan menimbulkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan tempat tinggalnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:15 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2466 |
Actions (login required)
View Item |