PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK OLEH GURU BK DI SMPN 2 KUBUNG KOTO BARU SOLOK

HENDRI, JAYA (2018) PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK OLEH GURU BK DI SMPN 2 KUBUNG KOTO BARU SOLOK. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (cover)
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB I)
7.BAB I HENDRI BARU.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
8.BAB II BARU HENDRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
9.BAB III HENDRI BARU.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peserta Didik Oleh Guru BK di SMPN 2 Kubung Koto Baru Solok” yang disusun oleh Hendri Jaya, 1314030875 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pengembangan diri di sekolah yang diberikan kepada peserta didik tidak hanya memberikan keterampilan, melainkan juga menanamkan nilai karakter yang dilakukan oleh pelatih atau pembina kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dan relevansinya dengan pendidikan karakter peserta didik oleh guru BK SMPN 2 Kubung Koto Baru Solok. Adapun batasan masalah penelitan adalah bentuk kegiatan pengembangan diri oleh guru BK di SMPN 2 Kubung, nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan pengembangan diri oleh guru BK di SMPN 2 Kubung dan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dan relevansinya terhadap pendidikan karakter peserta didik oleh guru BK di SMPN 2 Kubung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan pengembangan diri oleh guru BK di SMPN 2 Kubung, nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan pengembangan diri oleh guru BK di SMPN 2 Kubung dan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dan relevansinya terhadap pendidikan karakter peserta didik oleh guru BK di SMPN 2 Kubung. Metode penelitian adalah kualitatif dengan jenis penilitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu credibility, pemeriksaan keteralihan dengan uraian rinci, pemeriksaan kebergantungan dengan cara auditting kebergantungan dan teknik pemeriksaan kepastian dengan audit kepastian. Hasil penelitian yang ditemukan adalah; (1) bentuk kegiatan pengembangan diri oleh guru BK SMPN 2 Kubung yaitu, bimbingan dan konseling; seperti layanan konseling individual, bimbingan dan konseling kelompok, mediasi, informasi yang terprogram dalam perangkat bimbingan dan konseling. (2) Nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan pengembangan diri oleh guru BK; kedisiplinan, kemandirian, kerjasama, cinta tanah air, tanggung jawab, tolong menolong, religius, kejujuran dan toleransi, serta dengan menerapkan metode seperti pembiasaan, keteladanan, dan kisah yang sifatnya tergantung keadaan yang dihadapi. (3) Hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dan relevansinya terhadap pendidikan karakter peserta didik oleh guru BK SMPN 2 Kubung yaitu; meningkatnya pengamalan akhlak peserta didik, meningkatnya pengamalan ibadah peserta didik. Kemudian relevansinya terhadap pendidikan karakter peserta didik adalah peserta didik lebih jujur dan terbuka dalam pelaksanaan layanan, mandiri dan rajin beribadah dan terlihat kerjasamanya dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:58
Last Modified: 23 Jul 2018 01:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item