PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IPA MAN 3 PASAMAN BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018

DESMAWATI, WATI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IPA MAN 3 PASAMAN BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK)
1. COVER, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
SKIPSI GABUNGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Desmawati, 1314080019, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA MAN 3 Pasaman Barat.Skripsi:Tadris IPA-Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 261 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa di MAN 3 Pasaman Barat. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dilihat masih banyak nilai fisika siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Faktor penyebabnya adalah peserta didik belum ada bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan dalam proses belajar dan peserta didik belum ada berinteraksi satu sama lainnya dalam proses belajar fisika. Pendidik menggunakan model pembelajaran yaitu diskusi, ceramah, latihan soal dan penugasan, sehingga dalam proses belajar peserta didik lebih asyik mengobrol dengan teman sebangkunya ketika pelajaran sedang berlangsung. Peserta didik ini menganggap bahwa pelajaran fisika ini sulit. Guru telah berusaha untuk mengatasi hal itu dengan memberikan berbagai metode mengajar, tetapi belum sesuai dengan apa yang diinginkan. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Pair Check. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika Peserta didik kelas X IPA MAN 3 Pasaman Barat dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Pair Check dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang belajar dengan pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Pair Check dengan belajar secara konvensional. Penelitian ini Merupakan penelitian quasy eksperiment, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA MAN 3 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas Yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol.Teknik pada penelitian ini adalah uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Berdasarkan analisis data ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 84,18 dan untuk kelas kontrol 66,08. Rata-rata kompetensi sikap spiritual untuk kelas eksperimen 83,98 dan untuk kelas kontrol 79,51. Rata-rata kompetensi sikap sosial untuk kelas eksperimen 79,71 dan untuk kelas kontrol 78,46. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 5,59 dan ttabel = 1,68. Jadi thitung > ttabel = 5,59 > 1,68, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 3 Pasaman Barat menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Pair Check dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:47
Last Modified: 09 Jul 2018 06:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2404

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item