Implementasi Pemikiran Burhanuddin al-Zarnuji dan Umar Bin Ahmad Baraja tentang Akhlak Peserta Didik di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang

Syafrizal, Syafrizal (2024) Implementasi Pemikiran Burhanuddin al-Zarnuji dan Umar Bin Ahmad Baraja tentang Akhlak Peserta Didik di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-3ok-Watermak.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-3ok-Wtermak.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (FILE FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah, bahwa Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang merupakan satu-satunya pesantren yang menyelenggarakan pendidikan Islam dengan sistem Halaqah-Salafiyah di Kota Padang. Selama proses pembelajaran peserta didik patuh dan taat kepada guru, hampir seluruh isi kitab Akhlak yang diajarkan diamalkan oleh santrinya, sedangkan saat ini masih banyak kondisi sekolah ataupun madrasah yang mengalami krisis akhlak peserta didiknya. Berdasarkan keterangan tersebut penulis ingin tau lebih jauh, bagaimana akhlak peserta didik Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang.? Bagaimana strategi pendidik di Pondok Pesantren darul ‘Ulum Padang dalam menanamkan nilai akhlak pemikiran Burhanuddin al-Zarnuji dan Umar Bin Ahmad Baradja.? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai akhlak tersebut.? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang ditemukan, penelitian ini berlokasi di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawncara dan dokumentasi. Dari hasil observasi ditemukan bahwa mayoritas santri di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum memiliki akhlak yang sesuai dengan tuntunan yang ada di dalam kitab Akhlak lilbanin dan kitab Ta’lim al-Muta’allim. Strategi yang digunakan majelis gurunya adalah uswah/keteladanan, peringatan dan teguran, kisah teladan, ajakan untuk mengamalkan ilmu, papan tata tertib santri, dan pembiasaan pada saat proses belajar mengajar. Ada dua faktor pendukung dalam mengimplementasikan nilai akhlat tersebut yaitu kebiasaan lingkungan Pesantren dan latar belakang santri, sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya tenaga pembina Asrama, fasilitas penunjang pembelajaran di kelas maupun di Asrama yang tidak memadai, pengaruh dari santri yang bermasalah dan adanya budaya luar yang terbawa ke lingkungan Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pemikiran Akhlak Darul 'Ulum
Subjects: Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2024 21:41
Last Modified: 13 Sep 2024 21:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item