Mekanisme Penggunaan Surat Keterangan THL (Tenaga Harian Lepas) Sebagai Pengikat Jaminan Pembiyaan pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang

Maisyarah, Sri (2024) Mekanisme Penggunaan Surat Keterangan THL (Tenaga Harian Lepas) Sebagai Pengikat Jaminan Pembiyaan pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang. Diploma thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh pada BPRS CKA Cabang Padang Panjang menggunakan jaminan dalam pembiayaan. Salah satu syarat dalam pembiayaan adalah jaminan SK tenaga harian lepas (THL). SK THL adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau lembaga untuk menetapkan status kerja seseorang sebagai tenaga harian lepas.. Tujuan penelitian adalah Untuk memahami proses penggunaan SK THL sebagai salah satu syarat atau jaminan dalam proses pemberian pembiayaan kepada tenaga harian lepas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan langsung yang meliputi wawancara bersama Pimpinan Cabang dan Teller PT. BPRS CKA Cabang Padang Panjang dan pengumpulan dokumen yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mekanisme penggunaan SK THL sebagai jaminan pembiayaan di BPRS CKA Cabang Padang Panjang menunjukkan adanya inovasi dalam layanan perbankan syariah untuk segmen pekerja yang biasanya sulit memperoleh akses ke fasilitas pembiayaan. Mekanisme ini memanfaatkan dokumen resmi yang dimiliki pekerja THL sebagai jaminan, sehingga bank dapat menawarkan pembiayaan dengan risiko yang lebih terukur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jaminan, Mekanisme, Surat Keterangan, Tenaga Harian Lepas
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:51
Last Modified: 13 Sep 2024 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23940

Actions (login required)

View Item View Item