Upaya Pasangan Suami Istri yang Mengalami Ketidaksuburan untuk Memperoleh (Studi di Komplek Puri Lestari, Kelurahan Parak Laweh, Kota Padang)

Pohan, Abdul Basri (2024) Upaya Pasangan Suami Istri yang Mengalami Ketidaksuburan untuk Memperoleh (Studi di Komplek Puri Lestari, Kelurahan Parak Laweh, Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
ABDUL BASRI POHAN 1913010191 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
ABDUL BASRI POHAN 1913010191 BAB I.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
ABDUL BASRI POHAN 1913010191 BAB III.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (BAB V)
ABDUL BASRI POHAN 1913010191 BAB V.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ABDUL BASRI POHAN 1913010191 FUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pasangan di Komplek Puri Lestari Kelurahan Parak Laweh Kota Padang yang mengalami ketidaksuburan untuk memperoleh keturunan menurut Hukum Islam. Tujuan penelitian yaitu mengetahui profil pasangan suami istri yang mengalami ketidaksuburan, upaya pasangan suami istri yang mengalami ketidaksuburan untuk memperoleh keturunan, dan faktor-faktor mempengaruhi upaya pasangan suami istri yang mengalami ketidaksuburan untuk memperoleh keturunan. Jenis data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data untuk bisa dipahami dan menganalisis, menganalisis lebih detail, menunjukkan deskripsi dan tema- tema yang akan disajikan kembali dalam narasi penelitian ini. Hasil penelitian ini (1) Profil pasangan suami istri yang mengalami ketidaksuburan ada lima pasangan yaitu H dengan RD, N dengan E, TH dengan WD, YF dengan LA, dan EP dengan AF. (2) Upaya pasangan suami istri yang mengalami ketidaksuburan untuk memperoleh keturunan yaitu mencoba pengobatan tradisional, melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis, cara alternativ, program hamil, pola hidup sehat, melakukan amal dalam konteks agama, mengadopsi anak, menambah pengetahuan (3) Faktor yang mempengaruhi upaya pasanganmemperoleh keturunan karena kelainan genetik, gaya hidup, ketidaksuburan, jarak jauh pasangan, penyakit, kecapean, ekonomi, stress, usia, dan tidak ada riwayat yang mempengaruhi.(4) Pandangan maqashid sar’iyyah tehadap upaya pasangan yang mengalami ketidaksuburan untuk memperoleh keturunan, berdasarkan analisis penulis upaya diperbolehkan sedangkan faktor yang mempengaruhi pasangan suami istri untuk memperoleh keturunan karena faktor yang di larang. Kata kunci : Upaya, Ketidaksuburan dan Keturunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Upaya, Ketidaksuburan dan Keturunan
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:33
Last Modified: 12 Sep 2024 08:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item View Item