Penerapan Metode Tikrar dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an di SDN 41 Seberang Padang Selatan Kecamatan Padang Selatan

Ikhlas, Zaitul (2024) Penerapan Metode Tikrar dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an di SDN 41 Seberang Padang Selatan Kecamatan Padang Selatan. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
Cover s.d Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.docx - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.docx - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar Pustaka.docx - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (FULL TEXT)
BAB I - V.docx - Published Version

Download (522kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis Zaitul Ikhlas, NIM 2020010005 berjudul “Penerapan Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur’an di SDN 41 Seberang Padang Selatan Kecamatan Padang Selatan”, mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2024. Permasalahan yang ada di dalam tesis ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak pandai mengaji, masih terbata-bata dalam melafalkan ayat-ayat al-Qur’an dalam praktek baca tulis al-Qur’an dikarenakan belum mendaftarkan diri sebagai santri di TPQ/MDA di lingkungan tempat mereka tinggal, dan tuntutan dari Pemerintah Kota Padang mewajibkan siswa tingkat jenjang sekolah dasar wajib hafal 1 juz untuk melanjutkan jenjang sekolah berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode tikrar dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di SDN 41 Seberang Padang Selatan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hafalan al-Qur’an siswa kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan setelah diterapkan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an (posttest)?, 2. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hafalan al-Qur’an siswa kelompok kontrol pada pretest dan posttest yang diterapkan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an?, dan 3. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hafalan al-Qur’an antara siswa kelompok eksperimen yang diterapkan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an dengan siswa kelompok kontrol? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment, dengn menggunakan model The Randomized Pretest – Posttest Control Group Design (Desain Kelompok Kontrol Tes Awal – Tes Akhir). Jenis penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan metode tikrar dan kelompok kontrol yang tidak diterapkan metode tikrar. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa penerapan metode tikrar berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hafalan Al-Qur’an siswa dalam proses penghafalan. Hasil posttetst pada kelompok eksperimen diperoleh perubahan hafalan al-Qur’an siswa dalam proses penghafalan. Awalnya kelompok eksperimen berada pada rata-rata kelompok 40,1 (pretest) kategori sedang menjadi 76,83 (posttest). Adapun perubahan tersebut diasumsikan karena diterapkan metode tikrar. Hasil temuan lainnya pada kelompok kontrol yang pada awalnya berada pada rata-rata 38 (pretest) menjadi 55,66 (posttest). Hafalan al-Qur’an siswa dalam proses penghafalan sebelum dan sesudah diterapkan metode kitaba ada perubahan yang kurang signifikan. Kata Kunci : Metode Tikrar, Hafalan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Hafalan Al-Qur'an
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:33
Last Modified: 13 Sep 2024 06:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item