Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAN Kota Pariaman

Adilla, Rizka (2024) Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAN Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
RIZKA ADILLA.NIM.2020010030.Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
RIZKA ADILLA.NIM.2020010030.BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
RIZKA ADILLA.NIM.2020010030.BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
RIZKA ADILLA.NIM.2020010030.BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
RIZKA ADILLA.NIM.2020010030.Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rizka Adilla, NIM. 2020010030 “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAN Kota Pariaman”. Program studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2024. Penggunaan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran Fiqih di madrasah sudah terlaksana dengan baik, namun peneliti ingin memvariasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan strategi pembelajaran inkuiri. Adapun permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran yaitu siswa lebih cenderung menerima pelajaran, daripada mencari atau menemukan informasi atau jawaban sendiri, masih ada siswa yang sulit memahami dan menerapkan pelajaran Fiqih dalam kehidupan sehari-hari serta siswa merasa puas dengan hasil belajar siswa yang dinilai tergolong cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MAN Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian siswa kelas XI di MAN Kota Pariaman berjumlah 217 orang. Narasumber dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru Bidang Studi Fiqih dan beberapa siswa kelas XI MAN Kota Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu perencanaan implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fiqih dimulai dengan menyediakan perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, materi dan media pembelajaran. Pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MAN Kota Pariaman berjalan dengan baik. Guru dapat mengimplementasikan strategi dengan baik dan siswa menerima pula dengan baik. Evaluasi dari implementasi strategi inkuiri yaitu pertama, sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa, ini bisa ditindaklanjuti sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru dan hendaknya disesuikan dengan tujuan dari pembelajaran. Kedua, strategi inkuiri sulit dalam merencanakan pembelajaran karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar dikarenakan kurangnya motivasi. Ketiga, strategi inkuiri sulit menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan karena pada proses pembelajaran berlangsung siswa memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan jawaban dari apa yang dipertanyakan. Keempat, strategi inkuiri sulit jika kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, karena keterbatasan informasi yang siswa terima mengenai materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:37
Last Modified: 12 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23914

Actions (login required)

View Item View Item