Penerapan reward and punisment sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas VIII MTsS Thawalib Padang

Hadi, Hannafi (2022) Penerapan reward and punisment sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas VIII MTsS Thawalib Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER SAMPAI DAFTAR ISI HANNAFI HADI)
COVER SAMPAI DAFTAR ISI HANNAFI HADI 2014070021.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (BAB I HANNAFI HADI)
BAB I HANNAFI HADI.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB III HANNAFI HADI)
BAB III METODE PENELITIAN HANNAFI HADI.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB V HANNAFI HADI)
BAB V PENUTUP HANNAFI HADI OK.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (FUUL TEXT SKRIPSI HANNAFI HADI)
FULL TEKXT SKRIPSI HANNAFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Masih kurangnya reward and punishment kelas VIII di MTsS Thawalib Padang yang terletak di Cubadak Air Ampang Kota Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif sumber datanya diambil dari kuisioner dan dokumentasi kepada peserta didik kelas VIII yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Teknik analisis data melalui 4 tahapan yaitu statifstik deskriptif, Uji Instrumen, Uji asumsi klasik dan Uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,790 atau sama dengan 79,00% . Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel reward (X1) dan punishment (X2) berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS (Y) sebesar 79,00%. Sedangkan sisanya (100 % - 79,00% = 21,00 %) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diketahui hasil uji autokorelasi dengan menggunakan uji durbin-watson (D-W) menunjukkan bahwa nilai uji D-W sebesar 2,235. Nilai tersebut terletak di atas +2 yang menunjukan bahwa hasil uji autokorelasi menggunakan uji durbin-watson (D-W) terjadi autokorelasi negatif. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil penelitian berdasarkan perhitungan melalui bantuan sofware IBM SPSS tipe 26 menunjukan pengaruh yang signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh penerapan reward and punishment memiliki peranan yang sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsS Thawalib Padang. Kata Kunci : reward, punishment, motivasi belajar, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reward, punishment, motivasi belajar, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 10 Sep 2024 21:27
Last Modified: 10 Sep 2024 21:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item