Pembinaan Guru Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Bujang, Nurpa Dilla (2018) Pembinaan Guru Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I OK.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III CUUII OK.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V OK.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembinaan Guru Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan” Oleh Nurpa Dilla NIM : 1314010711 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Isalm Negeri Imam Bonjol Padang. Pembahasan skripsi ini di latar belakangi dengan banyaknya peserta didik datang terlambat, tidak mengerjakan tugas sekolah, buang sampah sembarangan, pakaian yang tidak rapi atau tidak lengkap, ribut dalam proses pembelajaran, tidak mendengarkan guru menjelaskan pelajaran, keluar saat proses pembelajaran, dan ada sebagian peserta didik yang tidak ikut melaksanakan Shalat Zuhur berjama’ah yang secara langsung mempengaruhi proses belajar mengajar mereka di sekolah. Oleh sebab itu bagaimana pembinaan disiplin belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di Madrasah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pembinaan disiplin belajar peserta didik melalui aturan yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan, bagaimana pembinaan disiplin belajar peserta didik melalui pengawasan yang dilakukan guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan, bagaimana pembinaan disiplin belajar peserta didik melalui pembiasaan yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan, dan bagaimana pembinaan disiplin belajar peserta didik melalui hukuman yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data adalah guru akidah akhlak, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dengan teknik analisa deskriptip kualitatif, dengan memeriksa data, mengklarifikasi data, menganalisa data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada MA. Muhammadiyah Lakitan penulis temukan bahwa: Pertama, pembinaan disiplin belajar melalui aturan yang dilakukan guru akidah akhlak seperti: masuk kelas, pengumpulan tugas, saat pembelajaran, kelengkapan catatan, kehadiran siswa, larangan menggunakan handphone. Kedua, pembinaan disiplin belajar melalui pengawasan seperti: selalu memperhatikan siswa di dalam kelas dan luar kelas yang bertujuan agar pembinaan disiplin yang diterapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ketiga, pembinaan disiplin belajar melalui pembiasaan dengan cara hadir tepat waktu, membiasakan mengucapkan salam, menbaca basmalah hendak masuk kelas, beribadah tepat waktu. Keempat, pembinaan disiplin belajar melalui hukuman, seperti: membaca 2 buah surat pendek, menambah tugas dua kali lipat, ditegur sampai 3 kali kalau masih tidak jera siswa berdiri didepan kelas sampai kelas selesai, catatan yang tidak lengkap maka tidak dibenarkan ikut ujian semester sebelum catatannya dilengkapi, menggunakan handphone saat pembelajaran maka ditangkap handphonenya dan orang tua langsung yang meminta kepada guru dan siswa membuat surat perjanjian agar tidak menggunakan handphone lagi. Kata Kunci: Pembinaan Disiplin Belajar, Siswa, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:28
Last Modified: 04 Jul 2018 02:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item