Kontribusi Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Padang

Permata Sari Guci, Mia (2024) Kontribusi Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, UINIMAMBONJOLPADANG.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Mia Permata Sari Guci_2014090025_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (861kB)
[img] Text (BAB I)
Mia Permata Sari Guci_2014090025_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
Mia Permata Sari Guci_2014090025_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Mia Permata Sari Guci_2014090025_IPS_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Mia Permata Sari Guci_2014090025_IPS_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan kontribusi kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 1 Padang.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kontibrusi kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik,untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik bisa meningkat dengan adanya kontribusi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang tidak mengkaji hipotesis tetapi hanya menggambarkan apa adanya suatu variabel, gejala/keadaan.populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padang yang berjumlah 158 orang.Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan,digunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner (questionnare) yaitu suatu teknik atau cara mengumpulkan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden). Instrumen atau alat pengumpulan datanya berisi sejumlah pernyataan yang harus dijawab atau direspon oleh responden.Analisis data yang diperoleh dengan cara perhitungan persentase. Hasil pengolahan data yang dilakukan menujukan bahwa kontribusi kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial adalah sebagai berikut : Kontribusi kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis peserta terlaksana dengan baik dan peserta didik mencapai dari setiap indicator kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Kurikulum Merdeka, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Sep 2024 19:22
Last Modified: 11 Sep 2024 19:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item