Pengaruh Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik SDN 22 Andalas Kota Padang

Suryani, Andria (2024) Pengaruh Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik SDN 22 Andalas Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (5).pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V a.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (COVER-DAFTAR PUSTAKA)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Andria Suryani “Pengaruh Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta didik Kelas 5 SDN 22 Andalas. Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN 22 Andalas. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat terlihat dari hasil ujian semester ganjil. Hal ini disebabkan karena pendidik dalam pembelajaran masih mengunakan model konvensional. Dengan menerapkan model resource based learning diperkirakan mampu mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik SDN 22 Andalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Resource Based Learning terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas 5 SDN 22 Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimsn dengan quasi eksperimen. Dua kelompok dipilih mengunakan populasi dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas V SDN 22 Andalas yang dijadikan sampel peserta didik kelas 5 untuk kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas kelas kontrol berjumlah 20 orang,untuk penetuan sampel penulis mengacu kepada hasil belajar peserta didik ujian semester ganjil. Intrumen yang digunakan adalah Tes, dengan reliabilitas 0,947. Data dianalisi dengan mengunakan Kolmogorov-Smirenov Two Sampel dengan bantuan SPSS versi 29 Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran resource Based Learning (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen sebelum (Pretes) dan sesudah dilakukan penerapan model resource based learning (postest). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan yang dialami peserta didik kelas kontrol pada pretes dan posttest (tanpa diterapkan model resource based learning. (3)Terdapat pengaruh signifikan antar kelas eksperimen yang menerapkan model resource based learning dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model resource based learning. Dibuktikan denganUji-t dengan Hasil 0.01 < 0.005 . Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa model resource based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model resource based learning,hasil belajar
Subjects: U Umum (General) > Agama
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 11 Sep 2024 00:33
Last Modified: 11 Sep 2024 00:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23813

Actions (login required)

View Item View Item