Penerapan Konsep Mu'asyarah bil Ma'ruf Pada Pasangan Suami Istri Jarak Jauh dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Kota Padang)

Jannah, Fitri Miftahul (2024) Penerapan Konsep Mu'asyarah bil Ma'ruf Pada Pasangan Suami Istri Jarak Jauh dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Kota Padang). Skripsi thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text (Full Text Tesis - Fitri Miftahul Jannah)
Full Text Tesis - Fitri Miftahul Jannah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini ditulis oleh Fitri Miftahul Jannah, NIM: 2220040041 dengan judul Penerapan Konsep Mu’asyarah bil Ma’ruf Pada Pasangan Suami Istri Jarak Jauh dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus di Kota Padang). Program Studi Hukum Keluarga, Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. mu’asyarah bil ma’ruf adalah bergaul dengan baik sesuai dengan syari’at dan adat yang berlaku yang memiliki unsur keakraban pada keduanya. Mu’asyarah bil ma’ruf kerat kaitannya pada hubungan suami istri, namun kewajiban ini tidak hanya berlaku untuk pihak suami, namun pihak istri juga wajib meneguhkan prinsip ini. Dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan agama yang rahmatan lil’alamin, sesuai dengan adat atau tradisi luhur. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pemetaan dalam penerpaan konsep mu’asyarah bil ma’ruf pada pasanagn suami istri jarak jauh dan implikasi yang terjadi pada penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersumber dari data primer yaitu penulis peroleh langsung di lapangan dan data sekunder yang penulis peroleh dari junal-jurnal tentang perkawinan, buku-buku tafsir, buku-buku fiqh, dan dokumen yang relevan lainnya. Hasil penelitian ini adalah 1.) Hubungan jarak jauh yang dijalani suami istri terjadi karena adanya faktor-faktor yang muncul, baik faktor utama seperti halnya pendidikan, pekerjaan, dan usaha maupun faktor pendukung yaitu adaptasi lingkungan. 2.) dalam penerapan konsep mu’asyarah bil ma’ruf pasangan suami istri jarak jauh bergantung pada komunikasi maya (internet) dan hal ini memiliki hambatan berupa perbedaan wkatu pada dua tempat dan perbedaan kekuatan sinyal. Maka pasangan dituntut untuk lebih kreatif mengemas hubungannya dengan terus meningkatkan komunikasi yang baik, meningkatkan kesadaran akan tujuan pernikahan dan meningkatkan pemahaman dan pengertian antar satu sama lain. 3.) Mu’asyarah bil ma’ruf memiliki implikasi atau dampak yang sangat kuat untuk ketahanan keluarga, terlebih pada pasangan suami istri jarak jauh. Komunikasi dengan baik dan nyaman menjadi hal utama yang harus dikedepankan. Satu dari empat informan mengalami keretakan pada hubungannya dikarenakan komunikasi yang terbangun tidak baik disebabkan adanya perbedaan pola fikir dan karakter. Maka, hubungan jarak jauh memiliki persentasi yang tinggi dalam menggapai ketahanan keluarga, terutama pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Hal tersebut dapat diraih dengan adanya pemahaman dan penerapan mu’asyarah bil ma’ruf dalm interaksi dan hubungan mereka sebagaimana yang telah tertuang dalam al-Qur’an secara langsung pada QS. an-Nisaa’ ayat 19 dan tertuang dalam undang-undang secara eksplisit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mu’asyarah bil Ma’ruf, Pernikahan Jarak Jauh, Ketahanan Keluarga
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
U Umum (General)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:15
Last Modified: 18 Sep 2024 04:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23791

Actions (login required)

View Item View Item