Pengaruh Penggunaan Media Papan Pintar Keanekaragaman Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MIN 2 Padang Pariaman

Yulyasdira, Suci (2024) Pengaruh Penggunaan Media Papan Pintar Keanekaragaman Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI SUCI YULYASDIRA 1914070005)
COVER-DAFTAR ISI SUCI YULYASDIRA 1914070005.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (BAB 1 SUCI YULYASDIRA)
BAB 1 SUCI YULYASDIRA.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (BAB III SUCI YULYASDIRA)
BAB III SUCI YULYASDIRA.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA SUCI YULYASDIRA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA SUCI YULYASDIRA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (SKRIPSI SUCI YULYASDIRA 1914070005 FULLTEXT)
SKRIPSI SUCI YULYASDIRA 1914070005 FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial peserta didik, disisi lain terdapat beberapa peserta didik yang kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran hal ini dilihat dari peserta didik yang mengobrol, kurangnya fokus dikarenakan peserta didik fokus pada buku paket dan pendidik hanya menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik mudah merasa jenuh. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui pengaruh media papan pintar keanekaragaman budaya terhadap hasil belajar peserta didik. Kedua, untuk mengetahui adanya perbedaan dengan menggunakan media papan pintar keanekaragaman budaya dan menggunakan gambar yang ada di buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimental desain. Desain penelitian ini menggunakan Non Equivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman yang masing-masing kelas berjumlah 20 orang. Pemilihan sampel tidak dilakukan secara random, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IV B dan kelas kontrol adalah IV A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 20 dan Ms. Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre-test kelas eksperimen nilai tertinggi yang didapatkan yaitu 73.30 dan pre-test kelas kontrol yaitu 80.00. Hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut terlihat pada nilai tertinggi yang didapatkan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 93.30 dan nilai terendah kelas eksperimen yaitu 46.60, sedangkan pada kelas kontrol peserta didik mendapatkan nilai tertinggi yaitu 86.60 dan nilai terendah kelas kontrol yaitu 40.00. Nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 78.6350 sedangkan pada kelas kontrol 65.9750. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media papan pintar keanekaragaman budaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Padang Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Papan pintar keanekaragaman budaya
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:04
Last Modified: 10 Sep 2024 09:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item