Safitri, Desfi (2024) Pengembangan E-Book Berbantuan GeoGebra Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Bangun Ruang di MTsN 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (727kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (639kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Selain itu, selama proses pembelajaran, media pembelajaran yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal. Terlebih lagi, belum tersedia media pembelajaran berbasis GeoGebra pada materi bangun ruang, serta belum digunakannya media pembelajaran yang dirancang khusus berdasarkan langkah teori APOS. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pengembangan berupa pengembangan e-book berbantuan GeoGebra berdasarkan teori APOS pada materi bangun ruang di MTsN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carey. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah kelas VIII.6 MTsN 2 Kota Pariaman. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, lembar validasi, angket praktikalitas, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 87.5% berdasarkan penilaian validator. Angket praktikalitas menunjukkan bahwa e-book tersebut sangat praktis digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang, dengan persentase rata-rata 87.5% oleh pendidik dan 83.98% oleh peserta didik. E-book ini juga memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 71.87% yaitu berada pada kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Book, GeoGebra, APOS. |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan U Umum (General) > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23746 |
Actions (login required)
View Item |