Implementasi Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Padang Panjang

Putri Zahara, Fhadillah (2024) Implementasi Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Fhadillah Putri Zahara_2014090007_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (890kB)
[img] Text (BAB I)
Fhadillah Putri Zahara_2014090007_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
Fhadillah Putri Zahara_2014090007_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
Fhadillah Putri Zahara_2014090007_IPS_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Fhadillah Putri Zahara_2014090007_IPS_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rancangan pembelajaran menggunakan scramble namun untuk penggunaannya masih belum terlakasana dengan baik, dalam pembelajaran peserta didik belum terlihat aktif, kreatif, efektif dan terasa membosankan dikarenakan penggunaan model belajar yang itu saja. Urgensi masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang bervasiasi. Dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi di kelas VII pada waktu pendidik tersebut mengajar dengan materi aktivitas memenuhi kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Dan dibuktikan dengan dokumentasi. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teori model pembelajaran scramble. Berdasarkan olahan data maka diperoleh hasil sebagai berikut, pertama perencanaan yang dibuat oleh pendidik dalam modul ajar disesuaikan dengan langkah-langkah model scramble, kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan model scramble pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan tetapi langkah-langkah pembelajarannya masih belum terlaksana. Ketiga, Dampak Model pembelajaran scramble ini berpengaruh pada peningkatan keaktifan peserta didik, peningkatan komunikasi peserta didik yang ditunjukkan dengan belajar untuk bekerja sama dengan temannya, dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Hal ini disebabkan karena dengan metode diskusi kelompok pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berani mengeluarkan pendapat, peserta didik mampu untuk berbicara dan tampil didepan kelas tanpa ada rasa malu dan takut dalam mengeluarkan pendapat. Selain itu peserta didik juga merasa tertarik dan senang mengikuti pembelajaran IPS model ini juga berpengaruh terhadap interaksi yang baik antar peserta didik satu sama lain. Kemudian faktor pendukung pembelajaran scramble yaitu, pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik diawal pembelajaran, pendidik membagi kelompok secara heterogen, dan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang tujuan pembagian kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, terbatasnya pemahaman guru terhadap peserta didik, penggunaan strategi yang monoton, dan kemampuan peserta didik yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:54
Last Modified: 07 Sep 2024 02:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item View Item