Hubungan Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta didik di SMAN 2 Koto XI Tarusan

Mardiah, Irfani (2024) Hubungan Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta didik di SMAN 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Skripsi Irfani Mardiah - Revisi - 1 Cover-dafis.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (BAB I)
Skripsi Irfani Mardiah - Revisi - BAB 1.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
Skripsi Irfani Mardiah - Revisi - BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V -Daftar Pustaka)
Skripsi Irfani Mardiah - Revisi - BAB 5.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text
Skrifsi irfani Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik SMAN 2 Koto XI Tarusan saat ini yang masih kurang, dibuktikan ketika saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik diminta untuk membaca Al-Qur’an masih terdapat peserta didik yang masih kurang lancar dalam membaca dan membacanya tanpa menerapkan ilmu tajwid secara baik dan benar. Selain itu hasil belajar peserta didik kelas XI pada penilaian Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terbilang kurang memuaskan. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti mengenai hubungan kemampuan baca Al-Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kemampuan baca Al-Qur’an hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 2 Koto XI Tarusan yang berjumlah 223 orang peserta didik, sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 15% dari total populasi yaitu sebanyak 34 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan baca Al-Qur’an dan dokumentasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik kelas XI di SMAN 2 Koto XI Tarusan memiliki rata-rata 58,85 yang begitupun dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memiliki rata-rata 88,71. Hubungan kemampuan baca Al-Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti nilai rhitung sebesar 0,562 termasuk dalam kategori hubungan sedang direntang nilai 0,40-0,599 dan bentuk hubungannya adalah positif , dapat diambil kesimpulan dari hubungan korelasi yang positif adalah semakin tinggi kemampuan baca Al-Qur’an maka tinggi pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau semakin rendah kemampuan baca Al-Qur’an maka semakin rendah hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kata Kunci: Kemampuan Baca Al-Qur’an, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Al-Qur’an, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Akhlak > Akhlak Berdasarkan Aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:49
Last Modified: 12 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23717

Actions (login required)

View Item View Item