Implementasi Model Pembelajaran Humanizing The Classroom Dalam Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VIII di SMPN 6 Bukittinggi

Fadillah Putri, Cindy (2024) Implementasi Model Pembelajaran Humanizing The Classroom Dalam Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VIII di SMPN 6 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Cindy Fadillah Putri_2014090015_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB I)
Cindy Fadillah Putri_2014090015_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
Cindy Fadillah Putri_2014090015_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB V)
Cindy Fadillah Putri_2014090015_IPS_BAB V dan Pustaka.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Cindy Fadillah Putri_2014090015_IPS_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak siapan pendidik dalam menggunakan model Humanizing The Classroom, kemudian Rancangan Pelaksanaan menganalisis (Modul Ajar) yang disusun oleh pendidik IPS belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan model Humanizing The Classroom. Oleh karena itu maka tujuan penelitian ini adalah a) Menganalisis bagaimana pendidik merencanakan atau menyusun rancangan pembelajaran yang bernuansa Humanizing The Classroom, b) Menganalisis pelaksanaan model Humanizing The Classroom di dalam kelas pada proses pembelajaran IPS di kelas VIII, c) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran Humanizing The Classroom pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 6 Bukittinggi, d) Untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran Humanizing The Classroom terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 6 Bukittinggi. Dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara menganalisis dokumen Modul Ajar yang disusun oleh pendidik mata pelajaran IPS, kemudian dilanjutkan dengan wawancara kepada pendidik serta observasi yang dilakukan di kelas VIII pada waktu pendidik tersebut mengajar dengan materi kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teori model pembelajaran Humanizing The Classroom. Berdasarkan olahan data maka diperoleh hasil sebagai berikut, pertama perencanaan yang dibuat oleh pendidik di dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (Modul Ajar) belum sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah model Humanizing The Classroom, kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Humanizing The Classroom pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan tetapi langkah-langkah pembelajarannya masih belum sepenuhnya terlaksana, ketiga terdapat kendala yang dirasakan oleh pendidik maupun peserta didik dalam melaksanakan model Humanizing The Classroom diantaranya yaitu kurangnya persiapan pendidik, kesulitan dalam mengatur peserta didik, kurangnya waktu yang diberikan kepada peserta didik untuk menguasai materi, kemudian peserta didik kurang fokus. Dampak Model pembelajaran Humanizing The Classroom ini berpengaruh pada peningkatan keaktifan peserta didik, peningkatan komunikasi peserta didik, menambah rasa percaya diri peserta didik, dan model ini juga berpengaruh terhadap interaksi yang baik antar peserta didik satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Humanizing The Classroom, Pembelajaran IPS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:56
Last Modified: 07 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23711

Actions (login required)

View Item View Item