Handayani, Rizki (2024) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTY, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 3 BATANG ANAI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
File Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
File BAB I.pdf - Published Version Download (467kB) |
|
Text (BAB III)
File BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
File BAB V dan Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (670kB) |
|
Text (FULL TEXT)
File Full Text .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan self efficacy peserta didik kelas VII SMP N 3 Batang Anai. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, and Review (PQ4R). Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan strategi PQ4R lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan strategi ekspositori dan untuk mengetahui self efficacy peserta didik yang belajar dengan strategi PQ4R di kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan randomized control grup only design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 3 Batang Anai tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dengan menggunakan random sampling setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata diperoleh sampel terpilih kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self efficacy. Teknik analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan Uji-t dan angket self efficacy dilihat derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen 80,16 dan kelas kontrol adalah 70,97. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,19) > ttabel (1,67) maka keputusannya H1 diterima. Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan strategi PQ4R lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan strategi ekspositori. Hasil angket self efficacy peserta didik yang belajar dengan strategi PQ4R diperoleh derajat pencapaian 81,88% dengan kritetia tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, and Review (PQ4R), kemampuan pemahaman konsep matematis, self efficacy |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23686 |
Actions (login required)
View Item |