Perilaku Toxic Disinhibition dalam Bwemain Game Online Mobile Legends pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Ardiansyah, Nofri (2024) Perilaku Toxic Disinhibition dalam Bwemain Game Online Mobile Legends pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover_-_Daftar_isi[1].pdf - Published Version

Download (899kB)
[img] Text (BAB I)
Skripsi_Bab_1[1].pdf - Published Version

Download (832kB)
[img] Text (BAB III)
Skripsi_Bab_3[1].pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB V)
Skripsi_Bab_5_-_Daftar_Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi_Full_Teks[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Perilaku Toxic Disinhibition Dalam Bermain Game Online Mobile Legends Pada Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang”. Disusun oleh Nofri Ardiansyah NIM 1912020112, Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh perilaku toxic disinhibition online adalah perilaku flaming atau perkataan kasar yang keluar dari mulut mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang baik secara langsung maupun secara online ketika sedang bermain game online. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kontrol diri perilaku Toxic Disinhibition yang ditimbulkan dalam bermain game online mobile legends dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif Subjek penelitian ini adalah yang bermain game online mobile legends sebanyak 9 orang menggunakan teknik snowbal sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikkan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: pertama, Perilaku toxic disinhibition dalam bermain game online mobile legends dalam aspek kognitif yang dirasakan informan sebagai berikut: penulis mengetahui adanya pengaruh cara berfikir yang ada di otak manusia yang berhubungan dengan pengetahuan selaku mahasiswa, kecanduan dalam bermain game online mobile legends, pemain yang tidak profesional, hambatan berfikir. Kedua, Perilaku toxic disinhibition dalam bermain game online mobile legends dalam aspek afektif yang dirasakan informan sebagai berikut, dilihat dari segi perasaan kebanyakan para pemain game cenderung memiliki sifat yang egois, tidak menghargai, tidak mau menerima nasehat, tidak peduli dengan lingkungan, keras kepala, dan rendahnya rasa simpati dan empati terhadap lingkungan. Ketiga, Perilaku toxic disinhibition dalam bermain game online mobile legends dalam aspek psikomotor oleh informan adalah mengalamai tremor, gelisah, ketegangan fisik, berbicara cepat, suka berkelahi, mudah terganggu, tidak sabar, sulit diajak berbicara, tidur, bernyanyi, bersiul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:52
Last Modified: 06 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23667

Actions (login required)

View Item View Item