Dampak Budidaya Tanaman Buah Naga Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Yully, Yully (2024) Dampak Budidaya Tanaman Buah Naga Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover - Daftar isi.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Full Text)
Full Skripsi YULLY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

. Permasalahan dalam penelitian ini adalah petani yang biasanya mengisi lahan perkebunan mereka dengan tanaman cengkeh, ubi kayu, kopi, alpukat dan tanaman lainnya sekarang sudah beralih ke budidaya tanaman buah naga dikarenakan termotivasi oleh salah satu warga yang membawa buah naga ke Nagari Kacang yang telah berhasil dalam membudidayakan buah naga dan melihat kesuksesan atas meningkatnya pendapatan dari budidaya tanaman buah naga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak terhadap kondisi perekonomian dan mengetahui apa saja hasil yang telah diperoleh dari adanya budidaya tanaman buah naga yang dilakukan oleh masyarakat di Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang meliputi pemerintah, pekerja petani dan petani buah naga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor pendukung dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui budidaya tanaman buah naga, yaitu kondisi geografis yang mendukung, adanya motivasi, tingginya etos kerja masyarakat dan adanya dukungan pemerintah. Faktor penghambat peningkatan perekonomian masyarakat melalui budidaya tanaman buah naga, yaitu penyakit, serangan hama dan harga yang tidak stabil. Adapun hasil yang dicapai masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya tanaman buah naga, yaitu peningkatan pendapatan masyarakat, adanya kesempatan kerja, kemampuan untuk memenuhi pendidikan, kesehatan dan perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Petani, Dampak Budidaya, Perekonomian masyarakat
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:35
Last Modified: 11 Sep 2024 02:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item View Item