Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Peserta Didik Underachiever di Kelas XI IPA I SMAN 03 Kota Solok

Oktadilla Surizal, Zhuri (2018) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Peserta Didik Underachiever di Kelas XI IPA I SMAN 03 Kota Solok. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
1. Cover.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (persetujuan pembimbing)
Persetujuan Pembimbing.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (pengesahan penguji)
Pengesahan Penguji.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (abstrak)
ABSTRAK ok.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I OK.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III OK.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V print.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN print.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (File Gabungan)
Skripsi OKTADILLA SURIZAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Peserta Didik Underachiever di Kelas XI IPA I SMAN 03 Kota Solok”. Disusun oleh Oktadilla Surizal, NIM 1314030780. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan antara prestasi yang diperoleh dengan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, dimana peserta didik yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi mendapatkan prestasi rendah atau dikenal dengan istilah Underachiever. Dalam lingkungan pendidikan Underachiever merupakan kesulitan belajar yang perlu perhatian serius dari kalangan pendidik. Kenyataannya saat ini, banyak guru yang tidak memahami peserta didik yang tergolong kepada Underachiever, sehingga permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik yang tergolong Underachiever ini terabaikan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi peserta didik Underachiever di Kelas XI IPA1 SMAN 03 Kota Solok. Aspek yang diamati dalam penelitian ini meliputi Karakteristik peserta didik Underachiever, Faktor penyebab peserta didik Underachiever, dan Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi peserta didik Underachiever di Kelas XI IPA1 SMAN 03 Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reasech) yang menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif, yang merupakan salah satu teknik penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara sistematis atau fenomenalogis (fakta yang ada). Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK. Informan dalam penelitian terdiri dari informan primer yaitu guru BK dan peserta didik yang tergolong Underachiever, serta informan sekunder yaitu koordinator guru BK, wakil kesiswaan, wali kelas dan perwakilan guru bidang studi. Setting penelitian ini mengambil tempat di SMAN 03 Kota Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, karakteristik peserta didik Underachiever yaitu menunjukan prestasi yang tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki, harga diri yang rendah, berperilaku agresif, tidak termotivasi dalam berprestasi dan tidak disiplin diri, Merasa tidak senang dengan sebagian guru. Kedua, faktor penyebab peserta didik Underachiever terdiri dari Faktor internal yang terdiri dari faktor emosi dan motivasi. Dan Faktor eksternal yang terdiri dari faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat atau lingkungan tempat tinggal, dan faktor lingkungan sekolah. Ketiga, Strategi guru BK dalam mengatasi peserta didik Underachiever terdiri dari strategi Tripocal dan strategi mempelajari dan mengubah pola perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:18
Last Modified: 04 Jul 2018 03:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item