Mubriani Mardyah Aziza, Aziza (2024) Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover -daftar isi- daftar lampiran)
Aziza Mardyah Mubriani. NIM 2014010059 Cover -daftar isi -daftar lampiran .pdf - Published Version Download (745kB) |
|
Text (BAB I)
Aziza Mardyah Mubriani. NIM 2014010059 BAB 1.pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text (BAB III)
Aziza Mardyah Mubriani. NIM 2014010059 BAB III.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Aziza Mardyah Mubriani. NIM 2014010059 BAB 5 dan Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text (Full Text)
Aziza Mardyah Mubriani. NIM 2014010059 Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khusunya keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan pengelolaan kelas dan keterampilan mengadakan variasi masih kurang dalam penerapannya. Hal ini tentu berpengaruh kepada keaktifan belajar peserta didik di SMAN 2 Lengayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMAN 2 lengayang. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara langsung yang ditujukan kepada pendidik bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan beberapa orang peserta didik kelas X.1 serta Kepala Sekolah/Wakil Kurukulum SMAN 2 Lengayang tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian diperoleh 1) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 2 Lengayang sudah berjalan cukup baik. Hal tersebut dikarenakan telah sesuai dengan teori mengenai keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Disamping itu guru telah melaksanakan semaksimal mungkin dalam membimbing diskusi kelompok kecil. 2) Keterampilan mengelola kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 2 Lengayang. Keterampilan yang dilakukan guru berupa pertama, memastikan kondisi kelas bersih dan rapi. Kedua, memastikan peserta didik sudah berada di tempat duduknya masing-masing. Ketiga, menciptakan kondisi belajar yang baik. Keempat mengatasi gangguan dalam pembelajaran sehingga mengembalikan kondisi belajar yang baik. Namun guru kadang lupa memberikan apresiasi kepada peserta didik berupa pujian atau mememberikan hadiah. Disamping itu guru telah melaksanakan semaksimal mungkin dalam mengelola kelas. 3) Keterampilan mengadakan variasi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 2 Lengayang sudah berlajan cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan kebebasan peserta didik menggunakan handpone untuk mencari materi-materi pembelajaran dan juga ada beberapa peserta didik yang menggunakan handphone untuk bermain game. Disamping itu guru telah melaksanakan semaksimal mungkin dalam mengelola kelas .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan dasar Mengajar Guru, Keaktifan Belajar, Peserta Didik. |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:36 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23577 |
Actions (login required)
View Item |