Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman

Rahimma, Wisma (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (BAB V-PUSTAKA)
bab V-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (FULL TEXT)
tesis wisma_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman. Dalam proses pembelajaran PAI dan BP cenderung pasif, kurangnya minat belajar peserta didik, pola pikir peserta didik yang kurang terbuka saat proses pembelajaran, peserta didik kurang kreatif dalam proses pembelajaran, sementara masalah yang dikemukakan pada saat pembelajaran dimulai adalah masalah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sungai Sariak Padang Pariaman. Jelnis pelnellitian yang digunakan adalah pelnellitian quasy elkspelrimeln dengan pendekatan kuantitatif desain kuasi eksperimen randomized control group only design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sungai Sariak Padang Pariaman dengan kelas eksperimen VIII.3 dan kelas kontrol VIII.5. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen 80.31 dan kelas kontrol 74.53 dan t hitung 3.06 dan t tabel 1.69 yang berarti kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII dengan menggunakan model PBL lebih baik dari pada pembelajaran diskusi dan tanya jawab. Hasil penelitian yang diperoleh pada minat belajar PAI dan BP dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 73.34 dan kelas kontrol 68.32 dan uji t hitung 3.14 dan t tabel 1.69 yang berarti minat belajar PAI dan BP peserta didik kelas VIII dengan menggunakan model PBL lebih baik dari pada pembelajaran diskusi dan tanya jawab. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan minat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi makanan dan minuman yang halal dan haram.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif, minat belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:35
Last Modified: 05 Sep 2024 03:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23539

Actions (login required)

View Item View Item