Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Disertai LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Konsep Matematis Dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung.

Amin, Muhammad Fakhril (2024) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Disertai LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Konsep Matematis Dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I FAKHRIL.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III AMIN FIXX BANA.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB V- DAFPUS)
BAB V - DAFPUS FAKHRIL.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_ Muhammad Fakhril Amin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik tidak aktif dalam berdiskusi. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep yang menerapkan pembelajaran ekspositori, serta self-efficacy peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada kelas eksperimen di SMPN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment, dan Randomized Control Grup Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2023/2024, terpilih VII B untuk kelas eksperimen dan VII.A untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan angket self-efficacy dilihat derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diketahui nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen adalah 78,28 dan kelas kontrol 67,68. Dari uji hipotesis diperoleh t_hitung=2,97 dan t_tabel=2,37 sehingga disimpulkan kemampuan Pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan pembelajaran ekspositori. Selanjutnya untuk angket diperoleh derajat pencapaian self-efficacy peserta didik adalah 84,15% dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik yang belajar dengan model Reciprocal Teaching mempunyai Self-efficacy tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Model Reciprocal Teaching, Self-Efficacy
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:37
Last Modified: 10 Sep 2024 01:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23513

Actions (login required)

View Item View Item