Penerapan Model Pembelajaran Comprehensive Mathematic Instruction (CMI) Terhadap Kemampuan Mathematical Thinking dan Self Concept Siswa Kelas VIII MTs N 9 Padang Pariaman

Nasution, Dina Fadhilah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Comprehensive Mathematic Instruction (CMI) Terhadap Kemampuan Mathematical Thinking dan Self Concept Siswa Kelas VIII MTs N 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Lampiran)
SKRIPSI Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (Bab 1)
SKRIPSI Bab I.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Bab 3 - Bab 4)
SKRIPSI Bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 - Daftar Pustaka)
SKRIPSI Bab 5.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS Dina Fadhilah Nasution (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan mathematical thinking dan self concept siswa kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. Usaha yang dilakukan untuk memperbaiki kemampuan mathematical thinking dan self concept siswa adalah dengan menerapkan model Comprehensive Mathmatic Instruction (CMI). Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan mathematical thinking dan Self Concept siswa yang belajar menggunakan model Comprehensive Mathmatic Instruction (CMI) lebih tinggi daripada kemampuan mathematical thinking dan Self Concept siswa yangdiajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan mathematical thinking dan angket self concept siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan mathematical thinking kelas eksperimen 83,82 dan kelas kontrol 70,31. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_(hitung ) (2,899)≥ t_(tabel ) (1,687) maka keputusannya hipotesis yang diajukan diterima. Untuk nilai rata – rata self concept kelas eksperimen 83,56 dan kelas kontrol 63,55. Uji hipotesis diperoleh t_(hitung ) (4,945)≥ t_(tabel ) (1,687) hal ini berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan mathematical thinking dan self concept siswa yang diajar dengan model Comprehensive Mathematic Instruction (CMI) lebih tinggi daripada kemampuan mathematical thinking dan self concept siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Comprehensive Mathmatic Instruction (CMI) Mathematical Thinking, Self Concept.Model Pembelajaran Ekspositori
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:38
Last Modified: 09 Sep 2024 09:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23494

Actions (login required)

View Item View Item