Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Yang Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dan Model Pembelajrana CTL (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas VIII SMPN 03 Batang Anai

Hasanah, Mardiatul (2022) Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Yang Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dan Model Pembelajrana CTL (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas VIII SMPN 03 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
Mardiatul Hasanah. 2014040032. BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
Mardiatul Hasanah. 2014040032. BAB III.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (BAB V)
Mardiatul Hasanah. 2014040032. BAB V.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Fulltext)
Mardiatul Hasanah. 2014040032. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 03 Batang Anai. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dan CTL. Tujuan penelitian untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran ARIAS dan CTL. Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan randomized post test only comparison group. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 03 Batang Anai yang berjumlah 246. Teknik pengambilan sampel random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen I (ARIAS) dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen II (CTL). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang dianalisis dengan uji-t. Setelah dilaksanakan tes kemampuan komunikasi matematis, diperoleh rata-rata kelas eksperimen I adalah 72,8 dan rata-rata kelas eksperimen II adalah 70,9. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf kepercayaan 95% pada kemampuan komunikasi matematis diperoleh t_hitung (0,47)<t_tabel (2,30 ), maka keputusannya adalah H_0 diterima dan H_1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan ARIAS dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran ARIAS, Model Pembelajaran CTL.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:38
Last Modified: 09 Sep 2024 08:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23438

Actions (login required)

View Item View Item