HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA PENGGUNA IPHONE DI UIN IMAM BONJOL PADANG

R. CANIAGO, A.S. JAMIL (2024) HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA PENGGUNA IPHONE DI UIN IMAM BONJOL PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI J.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I J.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III J.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA J.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT J.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Perbandingan Sosial Dengan Self Esteem Pada Mahasiswa Pengguna Iphone di UIN Imam Bonjol Padang” disusun oleh A.S Jamil R Caniago NIM 1815040072 Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Kepemilikan iPhone dapat memunculkan perbandingan sosial saat individu membandingkan iPhone yang ia meiliki dengan iPhone yang digunakan oleh orang lain. Hal ini akan berdampak kepada penilaian terhadap diri mereka sendiri(SelfEsteem). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan perbandingan sosial dengan Self-esteem pada pengguna iPhone dikalangan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain korelasi. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 211 orang. Teknikpengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi model likert yang dimodifikasi dengan dua jenis skala yaitu perbandingan sosial menggunakan teori Festinger dan Self-esteem menggunakan teori Rosenberg. Berdasarkan hasil uji korelasi didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,411 dengan signifikansi 0,000. Ha diterima sedangkan Ho di tolak. karena signifikansi <0,05. Hasil kategorisasi didapatkan hasil bahwa perbandingan sosial mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan hasil persentase 52%. Sedangkan tingkat Self-esteem mahasiswa berada pada kategori rendah dengan hasil persentase 63%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara variabel perbandingan sosial dan Self-esteem mahasiswa pengguna iPhone Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA PENGGUNA IPHONE DI UIN IMAM BONJOLPADANG
Subjects: Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:49
Last Modified: 09 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23434

Actions (login required)

View Item View Item