PERANCANGAN VIDEO PROFILE ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI

Musrizaldi, Musrizaldi (2024) PERANCANGAN VIDEO PROFILE ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) yang dikelola UPPS berdiri berdasarkan Keputusan badan akreditasi nasional perguruan tinggi tentang pemenuhan persyaran minimun akreditasi program studi PTKIN dan keputusan Menteri agama Republik Indonesia nomor 259 tahun 2019 tentang izin pembukaan program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam program sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang yang diselengarakan oleh kementrian agama. Prodi Ilmu Pepustakaan dan Informasi Islam (IPII) mempunyai beberapa kompetitor di Sumatra Barat, kondisi ini akan berdampak pada peminatan jumlah mahasiswa. Promosi diperlukan karena dari proses promosi tersebut dapat menjadi peningkatan minat dan daya tarik domestik maupun mancanegara, maka diperlukan sebuah video profile dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sedang tren yaitu Artificial Intelligence (AI) yang mana salah satu teknologi yang dapat membantu inovasi desain promosi produk. Metode dalam penelitian pembuatan video profile yaitu Design Thingking yang terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype dan Test, adapun hasil yang diperoleh kevalidan produk dapat disimpulkan sebuah kebutuhan melalui kegiatan yang mana memiliki analisis terkait media promosi melalui validasi ahli media memperoleh 84% yang mana masuk ke katagori sangat valid. Analisis kepraktisan produk hasilnya menyatakan pada uji coba kelompok kecil yaitu memperoleh nilai 100% dan pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai 95 % sehingga produk ini setelah melalui uji coba lapangan dapat dikatakan praktis, Sehingga video company profile dapat digunakan dalam promosi perkenalan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan juga membangun citra positif bagi lembaga UIN Imam Bonjol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Informasi dan Promosi, Video Profile, Design Thingking, Artificial Intelligence (AI)
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 09:30
Last Modified: 04 Sep 2024 09:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item