Pengaruh Penyaluran Dana ZIS, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus: Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat)

Nisa, Zira Ikrimatun (2024) Pengaruh Penyaluran Dana ZIS, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus: Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penyaluran Dana ZIS, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Jumlah Penduduk terhadap Kemiskinan (Studi Kasus: Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Barat). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews9. Data cross section dalam penelitian ini terdiri dari 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat sedangkan data time series yang digunakan yaitu tahun 2016-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Penyaluran Dana ZIS berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan, variabel IPM berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan, dan variabel Jumlah Penduduk berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Hasil analisis regresi secara simultan menunjukkan bahwa variabel Penyaluran Dana ZIS, IPM dan Jumlah Penduduk berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan, sehingga dapat dijelaskan oleh variabel independen (Penyaluran Dana ZIS, IPM, dan Jumlah Penduduk) sebesar 97.85% sedangkan sisanya sebesar 2.15% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran dana ZIS, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Jumlah Penduduk, Kemiskinan
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:43
Last Modified: 09 Sep 2024 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item