Hidayat, Rahmat (2024) ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM EKOSISTEM GAME ONLINE DAN IMPLIKASINYA DI EKONOMI DIGITAL-KREATIF INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Rahmat Hidayat 1713060119 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (574kB) |
|
Text (BAB I)
Rahmat Hidayat 1713060119 Bab I.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
Text (BAB III)
Rahmat Hidayat 1713060119 Bab III.pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text (BAB V)
Rahmat Hidayat 1713060119 Bab V.pdf - Published Version Download (370kB) |
|
Text (Full Text)
Rahmat Hidayat 1713060119 Full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM EKOSISTEM GAME ONLINE DAN IMPLIKASINYA DI EKONOMI DIGITAL-KREATIF INDONESIA”, yang disusun oleh RAHMAT HIDAYAT, NIM 1713060119, Program studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Bermain game online saat ini sangat pesat sekarang dan menjadi fenomena baru dalam satu dekade terakhir. Perkembangan ini menjadi ekosistem baru yang dipengaruhi oleh interaksi individu atau komunitas yang secara tidak langsung mempengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi. Masalah yang timbul bentuk pengaruh dukungan jejaringan sosial dalam ekosistem game online di ekonomi digital-kreatif dan dampak keterlibatannya. Modal sosial sebagai sebuah suatu hubungan individu ke individu. Modal sosial dalam penelitian ini berbentuk dukungan sosial baik secara materiil maupun secara emosional yang mana akan berdampak pengambilan keputusan seorang individu untuk terjun menekuni bidang yang tersedia dalam ekosistem game online dalam mengembangkan game. Pengembangan game lokal memberi dampak peluang profesi baru ataupun bisnis, sosial, dan budaya dalam ekonomi secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi jejaringan sosial dalam ekosistem game online. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data yakni teknik triangulasi metode yang berasal dari wawancara informan, hasil transkrip video konten kreator, dan berita yang tersebar yang berkaitan dengan pengembangan game. Teknik analasis data berupa teknik analisis data kualitatif dengan pendekatan analisis tematik, dimana memahami isi data, dan dikode hingga menemukan tema. Peneliti memberikan masukan di masa mendatang untuk meneruskan penelitian pada topik yang lebih spesifik pada komunitas berkatian dengan game guna mengembangkan penelitian yang terkait game online.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal sosial, Ekosistem game online, Ekonomi Digital-Kreatif |
Subjects: | U Umum (General) > Ekonomi H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ruang Baca FEBI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:55 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23411 |
Actions (login required)
View Item |