Jual Beli Buah Pala Salai Ditinjau Dari Perspektif Maslahah Didusun Inunang Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Fajrizal, Rahmat (2024) Jual Beli Buah Pala Salai Ditinjau Dari Perspektif Maslahah Didusun Inunang Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover di.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V- DP.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
FULL (3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul ” Jual Beli Buah Pala Salai Ditinjau Dari Perspektif Maslahah di Dusun Inunang Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batangkapas Kabupaten Pesisir Selatan”. Skripsi ini ditulis oleh Rahmat Fajrizal NIM 1813040049 Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi jual beli pala salai di Dusun Inunang Kecamatan IV Koto Hilie Kabupaten Pesisir Selatan yang ditinjau dari maslahah. Pertanyaan pertama, bagaimana proses produksi buah pala salai di Dusun Inunang? Kedua, apa alasan petanin melakuan proses percepatan produksi buah pala dengan salai? Ketiga, apa dampak dari percepatan produksi buah pala salai di tinjau dari maslahah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut mengunakan jenis penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer, data yang didapat langsung dari informan penelitian yaitu petani buah pala di Dusun Inunang dan Toke yang ada di Dusun Inunang, dengan mengunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan data sekunder berupa buku, dokumen, dan lain-lain. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: pertama, Proses produksi buah pala di Dusun Inunang terdapat dua cara, yaitu dengan cara dijemur menggunakan matahari dan dengan cara disalai menggunakan api. Petani di Dusun Inunang menggunakan kedua cara tersebut, namun proses produksi yang efektif saat ini adalah dengan cara disalai menggunakan api. Kedua, Alasan petani buah pala di Dusun Inunang mempercepat proses produksi buah pala yaitu agar waktu produksi lebih cepat, faktor cuaca, dengan cara disalai bisa digunakan kapanpun, menghindari desakan ekonomi, mempercepat waktu agar bisa menjual buah pala dihari pasar, proses produksi lebih lancar, mengindari pembusukan, menghindari kemubadziran, membantu pendapatan agar lebih lancar, dan merupakan mata pencaharian terbesar di Dusun Inunang. Ketiga, Dampak positif percepatan produksi buah pala yang dilakukan para petani adalah mempercepat waktu produksi, petani tetap bisa mengeringkan buah pala saat hujan, cara salai akan bisa mengeringkan buah pala dari segala jenis usia, pendapatan petani buah pala akan meningkat, menghindari pembusukan, menghindari kemubaziran, mempercepat petani dalam transaksi penjualan. Dampak Negatif dari percepatan buah pala adalah harga buah pala yang dikeringkan dengan salai akan lebih murah, kualitas buah pala yang disalai kurang baik, minyak atsiri akan berkurang. Ditinjau dari maslahah mursalah percepatan proses produksi buah pala di Dusun Inunang yang sudah berlangsung lama ini telah memenuhi syarat untuk menggunakan maslahah mursalah sebagai hujjah kebolehan. Hal ini terdapat manfaat, menghindari dari kesulitan dan berjalan tidak melewati kehendak syara’. Kata kunci: Jual Beli, Buah, Pala, Salai, Maslahah, Dusun Inunang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jual beli, buah, pala, salai, Dusun Inunang
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:24
Last Modified: 10 Sep 2024 01:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item View Item