ANALISIS LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMP N 8 PADANG

Dea, Faujian Lhaystari (2024) ANALISIS LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMP N 8 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text
File Full Text .pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Faujian Lhaystari Dea NIM. 2014090047 dengan judul “Analisis Literasi Membaca pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP N 8 Padang”, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Tahun 1446 H/2024 M. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penulis ingin mengukur tinggi atau rendah literasi membaca siswa kelas VII serta faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap literasi membaca pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat literasi membaca siswa kelas VII dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca mereka, guna memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas program literasi di SMP N 8 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah data primer yaitu peserta didik, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan pustakawan, data sekunder yaitu dokumen-dokumen terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, tingkat literasi membaca siswa kelas VII dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP N 8 Padang cukup baik dengan keterlibatan emosional, kognitif, dan perilaku yang tinggi. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca termasuk dukungan dari guru, ketersediaan bahan bacaan yang relevan, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Ketiga, terdapat kebutuhan untuk meningkatkan variasi kegiatan literasi dan kolaborasi antara guru dan pustakawan untuk mengatasi tantangan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi siswa, Program literasi, Lingkungan pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:41
Last Modified: 09 Sep 2024 07:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item