Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di MTsN 9 Padang Pariaman

Sari, Nia Manda (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di MTsN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Lampiran)
Cover-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text (Bab 3)
bab 3.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (Bab 5-Dapus)
bab 5-dapus.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (Full Text Skripsi Nia Manda Sari)
Full Text Skripsi Nia Manda Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedianya LKPD berbasis Project Based Learning sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik rendah. Untuk itu perlu dikembangkan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D dikemukakan oleh S.Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan pengembangan, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Define, Design, dan Develop. Tahap Define terdiri dari : a) analisis awal-akhir b) analisis peserta didik c) analisis konsep d) perumusan tujuan pembelajaran. Tahap Design terdiri dari a) merancang LKPD b) merancang tes soal. Tahap Develop terdiri dari a) validasi ahli/praktisi b) uji pengembangan. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-1 MTsN 9 Padang Pariaman, waktu penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi, lembar validasi angket parktikalitas, dan soal tes dengan teknik analisis data yaitu analisis data validitas LKPD, analisis data angket praktikalitas,analisis data efektivitas LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, LKPD berbasis Project Based Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 87,31%. Berdasarkan pada hasil pengisian angket praktikalitas untuk pendidik memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata 89%, untuk hasil pengisian angket praktikalitas peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata 84,67%. LKPD berbasis Project Based Learning memenuhi kriteria cukup efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah, yaitu dengan N-Gain Score sebanyak 0,66 yaitu dalam kategori sedang, dan untuk persentase N-Gain sebanyak 65,76% yaitu dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:47
Last Modified: 09 Sep 2024 08:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item