Efektivitas Pelaksanaan KMA No 411 Tahun 2000 Tentang Penetapan Jumlah Uang Iwad Dalam Rangkaian Sighat Taklik Talak Bagi Umat Islam Di Pengadilan Agama Kelas I A Padang

Rozzi. R, Fakhrur (2024) Efektivitas Pelaksanaan KMA No 411 Tahun 2000 Tentang Penetapan Jumlah Uang Iwad Dalam Rangkaian Sighat Taklik Talak Bagi Umat Islam Di Pengadilan Agama Kelas I A Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text
Bab I (1).pdf

Download (397kB)
[img] Text
Bab III (1).pdf

Download (538kB)
[img] Text
Bab V-Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan penurunan kasus dalam pelaksanaan pembayaran iwad perkara cerai gugat selama 10 tahun kebelakang di Pengadilan Agama Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, Pemahaman hakim terhadap KMA no. 411 tahun 2000 di Pengadilan Agama Kelas I A Padang. Kedua, Pelaksanaan KMA no. 411 tahun 2000 di Pengadilan Agama Kelas I A Padang. Ketiga, Pertimbangan hakim dalam menetapkan iwad pada perkara cerai gugat. Metode yang digunakan pada penelitian berjenis penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan hasil wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian sebagai berikut: Pertama, Pemahaman hakim terhadap KMA nomor 411 telah menguasai dan menjalakankan pembayaran uang iwad sejumlah sepuluh ribu rupiah (Rp. 10.000) bagi perkara cerai gugat akibat pelanggaran taklik talak sesuai prosedur dan ketentuan yang terkait dengan taklik talak. Kedua, Pelaksanaan KMA no. 411 tahun 2000 sudah terlaksana sesuai bagaimana aturan tersebut dapat dijalankan, sedangkan efektivitasnya belum bisa dikatakan sebagai sebuah kaidah hukum yang efektif dari teori ilmu hukum. Ketiga, Perkara cerai gugat hanya dapat diputus dengan melakukan pembayaran iwad ketika gugatan cerai yang masuk ke pengadilan menggunakan taklik talak sebagai alasan perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: cerai gugat, taklik talak, efektivitas, uang iwad
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Perceraian Menurut Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Pengadilan Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Pengadilan Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:42
Last Modified: 10 Sep 2024 01:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23375

Actions (login required)

View Item View Item