Hiru, Summa (2024) Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Xaverius Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (SUMMA HIRU 1914010055 COVER)
SUMMA HIRU 1914010055 COVER.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text (SUMMA HIRU 1914010055 BAB I)
SUMMA HIRU 1914010055 BAB I.pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text (SUMMA HIRU 1914010055 BAB III)
SUMMA HIRU 1914010055 BAB III.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
Text (SUMMA HIRU 1914010055 BAB V)
SUMMA HIRU 1914010055 BAB V.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
Text (SUMMA HIRU 1914010055)
SUMMA HIRU 1914010055 SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Judul Skirpsi ini adalah Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Xaverius Bukittinggi, ditulis oleh Summa Hiru 1914010055 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Imam Bonjol Padang. Latar belakang peneliti membuat Skripsi ini adalah pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural oleh sekolah kepada Peserta Didik di SMAS Xaverius Bukittinggi. Dimana SMAS Xaverius Bukittinggi ini merupakan sekolah dengan latar belakang yayasan Khatolik tetapi Peserta Didik beragama Islam juga terdapat di dalamnya. Hal ini merupakan sebuah tantangan dan pengalaman bagi Pendidik SMAS Xaverius dalam menumbuhkan Nilai-Nilai Multikultural dan semangat toleransi kebersamaan dan persaudaraan sehingga mampu menerapkan nilai multikultural di lembaga pendidikan sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Mutikultural dan bagaimana Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural pada Mata Pelajaran PAI serta bagaimana faktor pendukung maupun penghabat dalam penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural di SMAS Xaverius Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif, artinya Penulis akan melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan bentuk Penelitian Studi Kasus. Informan kunci dalam Penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pendidik Pendidikan Agama Islam, Pendidik Pendidikan Agama Kristen, Pendidik Pendidikan Agama Khatolik. Sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah Peserta Didik yang beragama Islam, Kristen dan Khatolik. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan didukung dengan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Kualitatif. Hasil penelitian ini meliputi: Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Yang ditanamkan Di SMAS Xaverius Bukittinggi mencakup tiga nilai. Yaitu nilai Toleransi, Sosial, Keadilan. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultura Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan mengintegrasikan Nilai Pendidikan Multikultural ke dalam materi pembelajaran dan mengintegrasikannya ke dalam metode pembelajaran. Selanjutnya faktor penghambat dan pendukung Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di SMAS Xaverius Bukittinggi adalah dari eksternal dan internal lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:41 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23373 |
Actions (login required)
View Item |