Peran Lembaga Adat dan Syara' Dalam Menciptakan Ketahanan Rumah Tangga (Studi Kasus di Nagari Gunung Rajo Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar)

Maharani, Diana Suci (2024) Peran Lembaga Adat dan Syara' Dalam Menciptakan Ketahanan Rumah Tangga (Studi Kasus di Nagari Gunung Rajo Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover sampai daftar isi)
SKRIPSI PDF.pdf - Published Version

Download (874kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II PDF.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III_PDF.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PDF.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (FULL BAB)
FULL BAB_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran lembaga adat dan syara’ sebagai mediator untuk menciptakan ketahanan rumah tangga. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana Cara Lembaga Adat dan Syara’ dalam Menciptakan ketahanan Rumah Tangga di Nagari Gunuang Rajo Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar, Kedua, Apa Faktor Pendorong dan Penghambat Lembaga Adat dan Syara’ Dalam Menciptakan Ketahanan Rumah Tangga di Nagari Gunuang Rajo Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Sumber data primer berupa wawancara dan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, skripsi terdahulu, dan peraturan Perundang-undangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan kesimpulan bahwa: Pertama, cara lembaga adat dan syara’ di Nagari Gunung Rajo untuk menciptakan ketahanan rumah tangga yaitu: lembaga adat dan syara’ sebagai mediator, penyelesaian konflik, pembuat aturan dan pembinaan, pemberian sanksi. Kedua, faktor pendorong lembaga adat dan syara’ untuk menciptakan ketahanan rumah tangga terdapat faktor internal dan eksternal tetapi untuk faktor penghambat lembaga adat dan syara’ menciptakan ketahanan rumah tangga hanya terdapat faktor eksternal dalam penyelesaian kasus. Kata kunci : Peran, Lembaga adat dan syara’, Ketahanan Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Lembaga Adat dan Syara',Ketahanan Rumah Tangga
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:56
Last Modified: 09 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item